Ads

Kamis, 14 Desember 2023, Desember 14, 2023 WIB
Last Updated 2023-12-14T13:44:02Z
BITUNG

Kota Bitung Kini Miliki Batik Sendiri, Coraknya Makin Keren

Rita Mantiri Tangkudung, Ketua Dekranasda Kota Bitung (Foto : Journal Telegraf) 


JOURNALTELEGRAF - Batik Bitung dengan coraknya yang khas  pertama kali diperkenalkan pada tahun 2022 kepada publik lewat Lomba Peragaan Busana terbatas yang diikuti Kepala Perangkat Daerah jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung.


Lomba Peragaan Busana dengan tajuk "Kreasi Batik Bitung" kembali dilaksanakan atas kerjasama Tim Penggerak PKK, Dekranasda dan Dharma Wanita Persatuan Kota Bitung, Kamis (14/12/2023).


Kegiatan yang berlangsung di Ruang SH Sarundajang, Kantor Walikota Bitung kini tidak saja diikuti oleh jajaran Kepala Perangkat Daerah. Namun berkembang dengan peserta dari luar jajaran Pemkot Bitung dengan busana batik uang makin keren dan berwarna.


"Pelaksanaan Lomba Peragaan Busana Kreasi Batik Bitung kedua kalinya ini. kita juga mengundang perwakilan instansi di luar pemerintah Kota Bitung untuk berpartisipasi," kata Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Kotq Bitung, Rita Mantiri Tangkudung saat menyampaikan sambutannya.


Rita juga menghimbau dan  mendorong semua pihak untuk ikut serta dalam pelestarian batik sebagai simbol identitas budaya bangsa.


"Batik sebagai salah satu bagian dari budaya bangsa Indonesia, khususnya motif Batik Bitung mengandung filosofi keanekaragaman karakteristik budaya dan potensi Kota Bitung," jelas istri tercinta Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri itu.


Lebih jauh Rita menjelaskan kerjasama yang dibangun Dekranasda Kota Bitung dengan Balai Besar Batik, pihaknya terus mengembangkan motif Batik Bitung  terstandar.


"Perlu kami sampaikan juga bahwa telah dilaksanakan lomba desain Batik Bitung yang telah menghasilkan lima motif pemenang dan nantinya akan segera diproduksi secara massal setelah kerjasama dengan Balai Besar Batik Yogyakarta rampung ," ujarnya.


Pada kegiatan tersebut, selain penampilan dari para pejabat jajaran Pemkot Bitung bersama pasangan masing masing yang ikut sebagai peserta lomba, tampak juga istri dari pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda Plus), camat, lurah, jajaran direktur rumah sakit, jajaran direktur Perumda dan kepala sekolah menengah pertama se Kota Bitung.


Reporter : Arham Licin

Editor : Arham Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar