Ads

Senin, 20 November 2023, November 20, 2023 WIB
Last Updated 2023-11-20T06:36:57Z
BITUNG

Pemukiman Baru Kampung Tinerungan Siap Dibangun PT. MSM/TTN, Tim Fasilitator Pemkot Bitung Hadir Untuk Melindungi Hak Warga di Sana

Michael R. Jacobus, S.H, M.H, Wakil Ketua Tim Fasilitator Pemkot Bitung (Foto : Journal Telegraf) 


JOURNALTELEGRAF - PT. MMS/TTN resmi melakukan pematangan lahan yang akan menjadi lokasi pemindahan Kampung Tinerungan, Kelurahan Pinasungkulan, Kecamatan Ranowulu, Senin (20/11/2023). 


Kegiatan pematangan lahan ditandai dengan pembersihan lokasi menggunakan alat berat dan dihadiri Wakil Ketua Tim Fasilitator Pemerintah Kota Bitung, Michael R. Jacobus, Perwakilan PT. MSM/TTN, Dedi, Camat Ranowulu, Rommy Kaloh dan sejumlah warga Tinerungan yang sudah menandatangani kesediaan untuk pindah ke daerah baru yang disiapkan perusahaan tambang tersebut. 


Menurut Wakil Ketua Tim Fasilitator Pemerintah Kota Bitung, Michael R. Jacobus, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan pematangan lahan untuk lokasi pemukiman kembali warga di lingkungan dua, Kelurahan Pinasungkulan, Kecamatan Ranowulu. 


"Jadi kami ingin tegaskan sekali lagi bahwa ini kita tidak pakai istilah relokasi. Tapi restlemen atau pemukiman kembali.  Kalau relokasi itu cuman tempt yang dipindahkan, tapi kalau pemukiman kembali, semua aspek yang menjadi pendukung di tempat lama itu kita siapkan juga di tempat baru," jelas Michael. 


Tidak hanya fasilitas umum yang ada di daerah lama, tapi juga fasilitas yang selama ini diterima warga dari pihak perusahaan akan tetap diberikan. 


"Jadi warga yang akan pindah di pemukiman baru ini akan tetap menerima fasilitas yang selama ini diberikan pihak perusahaan, seperti CSR," ujar Michael yang dikenal juga sebagai salah satu Praktisi Hukum kondangan Sulut ini. 


Jadi tugas tim fasilitator ini lanjut Michael adalah untuk memproteksi kepentingan kepentingan warga. 


"Jadi kami fasilitator hadir agar beberapa komitmen komitmen yang disepakati bersama bisa dilaksanakan oleh pihak perusahaan. Contoh seperti yang saya katakan tadi, dimana semua program yang dilaksanakan oleh pihak perusahaan saat di tempat lama, harus tetap dilanjutkan di tempat baru ini, jadi pemerintah hadir untuk memproteksi agar masyarakat tetap bisa menerima hak hak dari komitmen yang telah ada sebelumnya,"pungkas Michael. 


Reporter/Editor : Arham Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar