Ads

Selasa, 21 November 2023, November 21, 2023 WIB
Last Updated 2023-11-21T02:26:56Z
BITUNG

Anggaran Perjalanan Dinas Pemkot Bitung Tahun 2023 Tembus Rp 25,6 Miliar

Buku APBD Kota Bitung Tahun Anggaran 2023 (Foto : Journal Telegraf) 


JOURNALTELEGRAF - Anggaran perjalanan dinas Pemerintah Kota Bitung dalam APBD Tahun 2023 tembus Rp. 25.680.660.357.


Jumlah anggaran perjalanan dinas tersebut tersebar di 31 Perangkat Daerah dan 8 kecamatan. 


Salah satu Perangkat Daerah (PD) yang sempat menarik perhatian adalah Kantor Inspektorat Kota Bitung dengan total biaya perjalanan dinas dalam negeri sebesar Rp2.776.670.000.


Saat dikonfirmasi soal jumlah anggaran perjalanan dinas itu, Inspektur Kota Bitung, Yoke Senduk mengatakan bahwa itu justru nilainya jauh lebih kecil jika mengacuh pada ketentuan yang berlaku di Indonesia untuk Kantor Inspektorat. 


"Sebenarnya anggaran perjalanan kita itu satu persen dari total pagi anggaran di Inspektorat, jadi jika anggaran kami di APBD 80 miliar maka satu persen dari nilai itu berarti 8 miliar," jelas Yoke, Senin (20/11/2023). 


Meski jauh dari ketentuan anggaran, namun menurut Yoke pihaknya menyadari jika harus menyadari kemampuan keuangan daerah. 


Yoke juga meluruskan jika di Inspektorat nomenklatur yang tepat adalah biaya pengawasan, buka anggaran perjalanan dinas. 


"Sebanarnya itu anggaran disediakan dalam rangka pengawasan untuk turun ke lapangan. Di dalamnya sudah termasuk komponen biaya makan minum, transportasi, pembuatan laporan," Ujar mantan Sekretaris DPRD Kota Bitung tersebut. 


Sedangkan saat disentil soal anggaran perjalanan dinas di Perangkat Daerah lain yang juga jumlahnya fantastis, Yoke mengatakan sesuai kebutuhan masing-masing PD. 


"Saya kira itu bukan masalah jika sesuai kebutuhan masing-masing, yang penting wajar, pantas dan rasional," pungkasnya. 




Reporter/Editor : Arham Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar