Ads

Selasa, 29 Agustus 2023, Agustus 29, 2023 WIB
Last Updated 2023-08-29T00:36:35Z
Morowali

Jaringan Pencurian Motor Terbesar di Morowali Terungkap!

 


Jaringan Pencurian Sepeda Motor di Morowali Terungkap


JOURNALTELEGRAF-Bungku Tengah, 29 Agustus 2023 - Aksi pencurian sepeda motor yang telah meresahkan masyarakat selama beberapa waktu terakhir akhirnya berakhir. Hari ini, aparat kepolisian berhasil menangkap seorang pelaku pencurian motor di Desa Matano, Kecamatan Bungku Tengah. Penangkapan tersebut merupakan hasil dari upaya intensif dalam mengungkap serentetan aksi pencurian yang terjadi di berbagai lokasi.


Dalam beberapa waktu terakhir, berbagai desa di wilayah Bungku Tengah, Bungku Timur, dan Bahodopi menjadi sasaran aksi pencurian sepeda motor. Berdasarkan laporan yang diterima, pelaku melakukan pencurian di beberapa titik, termasuk Desa Bente, Kelurahan Matano, Desa Bahoruru, Desa Bahomotefe, Desa Lalampu, Desa Bahodopi, Desa Keurea, Desa Fatufia, dan Desa Bahomakmur.


Tidak kurang dari 22 unit sepeda motor menjadi korban aksi kejahatan yang dilakukan oleh para pelaku. Motor-motor yang hilang meliputi berbagai merek dan model seperti Yamaha Mio Sporty, Yamaha Fino, Yamaha Soul GT, Yamaha Xeon, Yamaha Jupiter, Honda Scoopy, dan Honda Sonic.


Melalui kerjasama tim gabungan, aparat kepolisian berhasil mengamankan sejumlah barang bukti yang terkait dengan aksi pencurian ini. Beberapa di antaranya adalah:

1 unit sepeda motor Yamaha Xeon warna merah putih


1 unit sepeda motor Yamaha Mio M3 warna silver


1 unit sepeda motor Yamaha Mio M3 warna hijau silver


1 unit sepeda motor Yamaha Soul GT warna hitam


1 unit sepeda motor Yamaha Mio Sporty warna merah


1 unit sepeda motor Suzuki Satria FU warna hitam


1 unit sepeda motor Yamaha Fino warna merah


1 unit sepeda motor Yamaha Soul GT warna merah


1 unit sepeda motor Yamaha Fino warna hitam putih


Kasus ini terungkap dengan penangkapan tiga terduga pelaku. Para terduga pelaku yang berhasil diamankan adalah TRM alias R, RB alias R, dan RH. Mereka merupakan karyawan kontraktor yang berasal dari berbagai daerah di Sulawesi Utara (Sulut). Modus operandi yang digunakan pelaku adalah mengambil sepeda motor yang terparkir dan tidak terkunci stirnya. Para pelaku berhasil mencuri sejumlah sepeda motor dari RSUD Morowali dan tempat lainnya.


Kapolres Morowali, AKBP. Suprianto, melalui Kapolsek Bungku Tengah, AKP I Gusti Nyoman Suarta, menyampaikan bahwa penangkapan ini merupakan hasil dari tindak lanjut laporan polisi yang diterima pada Jumat, 25 Agustus 2023. Ia juga mengapresiasi kerja keras dan koordinasi yang efektif dalam menangkap para pelaku.


Menindaklanjuti pengakuan dari kedua pelaku yang berhasil diamankan, Gusti menjelaskan bahwa mereka mengakui keterlibatan empat orang lainnya dalam aksi pencurian tersebut. Seiring dengan informasi ini, pada pukul 02.30 Wita, salah satu pelaku kembali diamankan di RSUD Morowali. Proses penangkapan berlangsung tanpa perlawanan dan pelaku kemudian diamankan ke Polsek Bungku Tengah.


Dengan adanya penangkapan ini, maka total tiga pelaku berhasil diamankan dalam perkara pencurian yang melibatkan wilayah Kecamatan Bungku Tengah, Bungku Timur, dan Bahodopi. Jumlah titik kejadian perkara (TKP) pencurian mencapai sekitar 22 lokasi.


"Hasil pemeriksaan awal terhadap tiga terduga pelaku menyebutkan adanya 22 TKP. Hingga saat ini, kami telah berhasil mengamankan tujuh unit barang bukti sepeda motor," jelas Gusti.


Kapolsek Gusti juga menambahkan bahwa pihak kepolisian akan terus melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengungkap seluruh fakta terkait aksi pencurian ini. Upaya-upaya akan terus dilakukan guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta memberikan rasa aman kepada warga terkait harta benda mereka.


Reporter: Iyon
Editor : Ewin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar