Ads

Sabtu, 20 Mei 2023, Mei 20, 2023 WIB
Last Updated 2023-05-20T15:30:20Z
BITUNGPariwisata

Pemerintahan Maurits - Hengky Kembali Raih Penghargaan, Kali Ini Sebagai Kota Kreatif Sub Sektor Kuliner

Menteri Pariwisata dan Ekraf, Sandiaga Uno serahkan Plakat dan Sk kepada Sekda Kota Bitung, Ignatius Rudy Theno (Foto : istimewa)


JOURNALTELEGRAF - Pemerintah Kota Bitung dibawah kepemimpinan Maurits Mantiri dan Hengky Honandar sepertinya tak pernah sepi penghargaan.


Buktinya, Jumat (19/5/2023) Menteri Pariwisata dsn Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno menyerahkan plakat sekaligus SK Kota Kreatif Sub Sektor Kuliner kepada Kota Bitung yang diterima Sekretaris Daerah (Sekda) Ignatius Rudy Theno.


Penghargaan diterima Rudy Theno di Kota Semarang, Jawa Tengah pada puncak acara Semarak Jejaring Kota Kreatif (JEJAKK) bersama 10 daerah lainnya. Yakni, Kota Balikpapan, Kabupaten Bantul, Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kota Palembang dan Kota Sabang.


Menurut Rudy Theno, penghargaan ini didapatkan tidak mudah karena melewati proses yang panjang.


"Proses ini dilakukan melalui tahapan verifikasi dan kurasi sejak awal 2022 oleh Tim Kemenparekraf antara lain Uji Petik, Pengisian Borang, FGD serta musyawarah dengan pemangku kepentingan di Kota Bitung dengan melihat potensi besar yang sudah dilakukan selama ini," papar Rudy.


Adapun kuliner yang menjadi andalan Kota Bitung antara lain Shasibi, Dada dan Rahang Tuna, Nasi Jaha Cakalang, Gohu Ikan, dan Roll Tuna.


Rudy juga mengatakan jika apresiasi khusus diberikan saat kunjungan Menparekraf dan rombongan di Booth Kota Bitung, sambil mencicipi Shasibi dan juga melihat langsung produk UMKM.


"Mas Menteri sangat yakin kuliner Kota Bitung akan membawa dampak besar untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat dan berjanji akan melakukan kunjungan kembali ke Bitung.l," kata Rudy.


Pada kegiatan ini juga akan ditampilkan Tarian Tangkap Cakalang dan Tarian Tetengkoren sebagai bagian promosi Pariwisata Bitung


Hadir mendampingi pada kegiatan ini Kadis Pariwisata Pingkan Kapoh dan Kabid Ekonomi Kreatif Altin Tumengkol 



Reporter/Editor : Arham Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar