Ads

Minggu, 21 Mei 2023, Mei 21, 2023 WIB
Last Updated 2023-05-20T17:07:40Z
Papua

Akan Hadiri Puncak Peringatan 129 Tahun Agama Katolik Masuk Tanah Papua di Fakfak, Matias Mairuma Kunjungi Sumur Tua Pater Cornelis Le Cocq d'Armaville

Matias Mairuma, Mantan Bupati Kaimana (Foto : Journal Telegraf)


JOURNALTELEGRAF - Mantan Bupati Kaimana dua periode (2010-2020), Matias Mairuma, ikut ambil bagian dalam peringatan 129 Tahun Agama Katolik masuk di tanah Papua yang akan diselenggarakan di Kabupaten Fakfak.


Kehadiran Matias lebih awal dari jadwal yang ditentukan untuk memenuhi undangan Panitia Pelaksana (Panpel) Peringatan 129 Tahun Agama Katolik masuk Tanah Papua. 


Matias juga berkesempatan hadir bersama masyarakat Stasi Santo Yosep Brongkendik untuk melaksanakan persiapan kegiatan tersebut.


Dan sore tadi, Jumat (19/5/23), Calon Anggota DPR RI dari PDI Perjuangan ini menyempatkan diri mengunjungi sumur tua milik Pater Cornelis Le Cocq d’Armanville, SJ. yang pada tanggal 22 Mei 1894 silam, mendaratkan kakinya di Sekru dan berlanjut ke Brongkendik.


Matias dalam napak tilas perjalanan Gereja Katolik di Kota Pala Fakfak sangat mengapresiasi kerja keras Gereja Katolik dan Panitia Pelaksana dalam menggali kembali nilai-nilai perjuangan yang dilakukan oleh Pastor Cornelis Le di Kota Pala Fakfak.


Dia mengatakan, kedepannya, perlu diberikan atensi khusus oleh pemerintah, baik itu Pemda Fakfak, Pemprov Papua Barat maupun Pemerintah Pusat untuk menjadikan ini sebagai sebuah nilai dasar pengembangan iman umat Katolik di Fakfak, sekaligus sebagai wisata rohani bagi umat di 5 paroki di wilayah Kabupaten Fakfak.


"Harapannya kedepan pemerintah bisa menjadikan ini sebagai  nilai dasar pengembangan iman umat Katolik di Fakfak, sekaligus menjadi destinasi wisata rohani," ujarnya, Sabtu (20/5/2023).


Sementara itu, puncak pelaksanaan kegiatan 129 tahun Gereja Katolik masuk di Kota Pala Fakfak, akan dilaksanakan pada 23 Mei 2023 mendatang. 


Para pejabat dan Uskup yang terkonfirmasi akan hadir pada perayaan 129 tahun masuknya Katolik di tanah Papua yakni Pj. Gubernur Papua Barat, Pangdam XVIII/Kasuari, Bupati Kaimana, Uskup Manokwari–Sorong, Uskup Jayapura dan Uskup Administrator Timika.



Reporter : Ronaldo Letsoin

Editor : Arham Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar