Ads

Minggu, 09 April 2023, April 09, 2023 WIB
Last Updated 2023-04-09T10:21:04Z
MANADO

Sempat Tersesat di Gunung Ambang, Dua Pendaki Akhirnya Diselamatkan Tim Basarnas Manado

Tim SAR Gabungan saat mengevakuasi pendaki yang tersesat (Foto : Basarnas Manado)


JOURNALTELEGRAF -  Dua orang  pendaki yang tersesat di Gunung Ambang, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Provinsi Sulawesi Utara akhirnya berhasil diselamatkan, Minggu (9/4/2023).


Kedua pendaki itu adalah Anas Prepomeno (33) asal Kota Makassar dan Fiirdaus Nuzullah (34) asal Kota Manado.


Dari informasi Basarnas Manado, sebelum tersesat keduanya sempat mencapai puncak gunung  yang diiapit dua danau itu, Jumat (7/4/2023) dan bermalam di puncak dengan tujuan menikmati pemandangan dari atas puncak gunung.


Ketika kedua korban turun pada, Sabtu (8/4/2023) dan menjelang malam akan tetapi korban sudah berpindah jalur dikarenakan pada saat turun korban terkendala dengan penerangan jadi korban tersesat, korban langsung menghubungi orang tua nya agar meminta bantuan untuk mencarinya.


Pos SAR Kotamubagu menerima laporan ini dan tim langsung bergerak ke lokasi dengan penyisiran dari bawah bersama potensi SAR.


"Tim langsung menuju ke titik koordinat yang sudah dikirimkan dari kedua korban untuk penjemputan, akan tetapi korban mengirimkan titik yang sangatlah jauh dari jalur pendakian sehingga tim SAR gabungan sangat kesulitan menemukan korban dikarenakan banyak rumput ilalang dan pepohonan yang rimbun," jelas Koordinator SAR Kotamobagu, Sisko Pontolondo.


Minggu 09. April 2023 sekitar Pukul 08.00 Wita, kedua korban akhirnya ditemukan yang sempat hilang dalam keadaan selamat, korban langsung dibawa turun dan ditunggu kedua orang tuanya di bawah.


Sisko Pontolondo selalu Koordinator Pos Kotamubagu mengucapkan banyak terimakasih kepada tim SAR gabungan yang sempat melaksanakan pencarian korban selama satu malam di gunung Ambang sehingga dengan pencarian ini korban ditemukan dalam keadaan selamat dan tanpa cidera.


" Kami himbau kepada seluruh para pendaki yang ingin mendaki gunung harap siapkan bekal yang cukup dan perlengkapan yang memadai sehingga pada saat pendakian semua berjalan dengan aman," pungkas Sisko.




Reporter : Irsan Manggopa

Editor : Arham Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar