Ads

Minggu, 09 April 2023, April 09, 2023 WIB
Last Updated 2023-04-09T11:22:46Z
MANADO

Hanyut Selama Dua Hari, Nelayan Asal Minsel Ditemukan Selamat di Atas Rakit

Tim Basarnas Manado temjkan nelayan hanyut di atas rakit (Foto : Humas Basarnas Manado)


JOURNALTELEGRAF - Gelombang tinggi yang melanda sejumlah wilayah Sulawesi Utara mengakibatkan beberapa nelayan yang mengalami dampaknya.


Seperti yang dialami dua orang nelayan, Frangky Porayow (48) dan Andi Pangemanan (23) yang hanyut di perairan Pulau Manado Tua.


Keduanya adalah warga Kabupaten Minahasa Selatan, dimana keduanya pergi mencari ikan dengan cara memancing tanpa memperhatikan kondisi cuaca.


Akibatnya, perahu yang digunakan korban terbalik akibat cuaca buruk dengan tinggi gelombang sekitar 3 meter.


Tim Basarnas Manado yang menerima laporan terkait adanya nelayan yang diperkirakan hanyut, langsung bergerak melakukan pencarian, Minggu (9/4/2023) dengan menggunakan KN Bima Sena 228.


Pencarian dengan menggunakan KN Bima Sena 228 dilakukan untuk mempermudah dan memperluas jangkauan, dimana menurut Basrnas Manado kedua nelayan hanyut sekitar 42,3 NM dari Pulau Manado Tua 


Namun demikian, Tim Basaenas sempat mengalami kendala akibat cuaca yang sangat buruk, tinggi gelombang mencapai 4 hingga 5 meter disertai angin kencang. Pencarian pun tertunfa dan dilanjutkan dihari berikutnya.


Pencarian dilanjutkan pada hari kedua dan  korban akhirnya ditemukan di atas rakit dalam keadaan selamat dan korban langsung di evakuasi ke pelabuhan Serai Likupang.


Menurut Kapten KN Bima Sena 228, Syahbudin Hajamant mengatakan saat ini cuaca lagi tidak bersahabat dan mengimbau agar masyarakat Sulut uang akan melauat harap membekali diri sendiri bekal keamanan.


"Jadi kami himbau kepada masyarakat Sulawesi Utara yang ingin melaut harap bekali untuk keamanan diri sendiri sehingga pada saat terjadi yang kita tidak inginkan bisa tertangani dengan cepat dan aman, proses pencarian hari ini Kami rasa lebih mendingan dari pada hari kemarin walau ada gelombang gelombang tinggi akan tetapi tekad kami, secepatnya korban di evakuasi dan bisa bertemu dengan keluarganya dalam keadaan sehat," ujarnya.




Reporter : Ewin Agustiawan

Editor : Ewin Agustiawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar