Ads

Selasa, 11 April 2023, April 11, 2023 WIB
Last Updated 2023-04-11T08:07:58Z
tolitoli

Peringati Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-59, Lapas Kelas IIB Tolitoli Laksanakan Upacara Dan Tabur Bunga Di TMP

Foto : Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalangkangan, Senin (11/4/2023).


JOURNALTELEGRAF - Memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-59 Tahun 2023, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tolitoli melakukan upacara dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalangkangan, Tolitoli, Senin (11/4/2023). 


Kegiatan dipimpin langsung oleh Kalapas Kelas IIB Tolitoli Makmur S.H bersama seluruh jajaran.


Dilaksanakan di tengah bulan Ramadhan, upacara dan tabur bunga ini dilakukan untuk kembali mengingat sejarah serta menumbuhkan nilai kepahlawanan, cinta tanah air sekaligus sebagai ajang pengingat dan penanaman kembali nilai-nilai perjuangan para pahlawan yang gugur sebagai kusuma bangsa demi mempertahankan bangsa dan Negara.


Nilai-nilai tersebut senantiasa dijadikan semangat, pantang menyerah, kerja keras, gigih dalam berjuang, serta tanpa pamrih yang semua itu juga harus bisa diinternalisasikan ke dalam setiap langkah tugas jajaran pegawai di lingkungan Lapas Kelas IIB Tolitoli.

Hal ini sejalan dengan tema Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-59 Tahun 2023 yaitu “Transformasi Pemasyarakatan semakin PASTI Berakhlak, Indonesia Maju”. 


Usai upacara dilakukan peletakan karangan bunga dan tabur bunga di makam para pahlawan. Tabur bunga, diawali oleh Kalapas Kelas IIB Tolitoli kemudian secara berturut-turut dilanjutkan oleh beberapa pejabat yang lainnya.


Kepala Lapas Kelas IIB Tolitoli Makmur menyampaikan, ziarah diawali dengan penghormatan kepada para pahlawan kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, pembacaan doa dan tabur bunga. 


“Upacara tabur bunga merupakan agenda tahunan jajaran Kementerian Hukum dan HAM di seluruh Indonesia secara serentak,” ucap Makmur kepada awak media Journaltelegraf.com. 


Makmur juga menambahkan, tujuan kegiatan ini untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan bangsa Indonesia dari jaman penjajahan hingga bisa merasakan kebebasan kemerdekaan seperti sekarang ini. 


“Status kita sebagai abdi negara tidak lepas dari perjuangan pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, tugas kita hanyalah mengenang dan mendoakannya.” tutur Kalapas. 


Lanjut, setelah upacara selesai, seluruh peserta secara bergantian menaburkan bunga di makam pahlawan. Ia berharap dengan kegiatan seperti ini generasi muda dapat terus mengingat dan menghormati jasa para Pahlawan. 


“Sekali lagi saya ucapkan selamat memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-59 Tahun 2023,” tutupnya.





Reporter : Legitha Aswardy 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar