Ads

Senin, 10 April 2023, April 10, 2023 WIB
Last Updated 2023-04-09T20:57:23Z
Papua

Dinilai Berjasa, Suku Sumuri Siap Gelar Tikar Adat Untuk Senator Filep Wamafma


Senator Filep Wamafma saat hadir pada Mubes Suku Sumuri (Foto : istimewa)


JOURNALTELEGRAF - Selama bertahun tahun para pemuda, tokoh adat, tokoh maayarakat, tokoh perempuan dan tokoh agama serta tua adat suku Sumuri di Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat menantikan sosok berpengaruh yang dinilai mampu menyuarakan dan memperjuangkan aspirasi suku Sumuri dan sebyar akhirnya terwujud.


Sosok yang dinantikan itu adalah Filep Wamafma. Kehadiran Filep sebagai tokoh muda asli Papua menjadi jawaban dari harapan suku Sumuri selama ini, dimana sosok yang kini menjabat sebagai Anggota DPD RI tepat saat Suku Sumuri menggelar Musyawarah Besar (Mubes) di awal tahun 2022 lalu.


Karena dinilai berpengaruh dan berjasa,  masyarakat adat Sumuri menyatakan siap menggelar tikar adat menyambut kedatangan Filep Wamafma di Tanah Sumuri, Kabupaten Teluk Bintuni.


Antusiasme masyarakat Sumuri memperlihatkan penerimaan yang baik terhadap kehadiran Filep Wamafma yang selama ini tegas memperjuangkan hak hak adat masyarakat Papua secara keseluruhan.


Meskipun tidak semua masyarakat adat Sumuri mengenal sosok Filep, namun melalui agenda penting di Sumuri itu, masyarakat adat Sumuri dapat bertatap muka secara langsung. bersilaturahmi dan mengenal lebih dekat Senator yang dikenal vokal tersebut.


Salah seorang warga Sumuri, Anna Agofa berpendapat bahwa sosok sangat baik dan mampu membuntikan apa yang disampaikan pada saat Mubes lalu.


"Kehadiran Filep Wamafma di Sumuri sangat berpengaruh nyata sekali bagi kami. Beliau tidak hanya berjanji saat memberikan sambutan, tapi dibuktikan kepada kami Suku Sumuri. Maka kitonng samua sayang kepada Filep dan orang seperti beliau harus dijaga karena menjadi pemimpin yang baik bagi Tanah Papua," ucap Anna, Sabtu (8/4/2023).




Reporter : Ronaldo Letsoin

Editor : Arham Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar