Ads

Jumat, 17 Februari 2023, Februari 17, 2023 WIB
Last Updated 2023-02-18T06:39:24Z
Nusa UtaraSangihe

Tamuntuan-Unas Dinilai Lakukan Pembohongan Publik, Bonus Atlet Tidak Tertata Di APBD Induk TA 2023

 

Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe, dr Rinny Tamuntuan ketika melakukan penyerahan secara simbolis Bonus Atlet.




JOURNALTELEGRAF - Janji pemberian bonus bagi para atlit berprestasi diajang Proprov XI di Kabupaten Bolang Mongondow akhir tahun 2022 lalu, ternyata belum sepenuhnya bakal terealisasi dalam waktu dekat ini. 


Penjabat Bupati Sangihe dr Rinny Tamuntuan bersama Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga Ernist Unas bahkan dinilai bersepakat melakukan pembohongan publik terkait janji pemberian bonus ini.


Tak tanggung-tanggung pembohongan itu dilakukan Tamuntuan pada saat hajatan Rapat Paripurna HUT Daerah Sangihe ke-598 di ruang sidang utama DPRD Sangihe; tepat di hadapan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw dan disaksikan oleh 25 anggota DPRD Sangihe dan sejumlah tamu undangan yang hadir.


"Saat itu Tamuntuan menyerahkan secara sombolis bonus atlit berprestasi kepada utusan atlit," kata Ketua Tim Investigasi Lembaga Pemantau Penyelenggara Negara Republik Indonesia (LPPN RI) Darwis Plontos Saselah.


Saselah menyebutkan bahwa pembohongan Ernist Unas selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga adalah terkait dana bonus yang konon katanya sudah tertata dan siap dikucurkan namun justru sebaliknya dana bonus sekira 1,72 Miliar rupiah ternyata hoax atau tidak ada sama sekali di APBD induk TA 2023 khususnya di Dispora Sangihe.


"Unas menyatakan bahwa Anggarannya mencapai sekira Rp 1.725.000.000, dan tertata di program pengembangan kapasitas daya saing kepemudaan melalui sub kegiatan pemberian penghargaan pemuda dan organisasi pemuda yang berjasa dan/atau berprestasi. Namun nyatanya setelah dilakukan chek and richek justru anggaran bonus atlit berprestasi di ajang Porprov tidak pernah dibahas dalam penetapan APBD TA 2023," terangnya lagi.


Sementara itu, dari informasi yang berhasil dirangkum sejumlah awak media dari beberapa anggota DPRD menyebutkan bahwa alokasi anggaran bonus atlit berprestasi di Porprov tidak dibahas dalam APBD induk TA 2023.


"Kami tidak pernah membahas adanya anggaran bonus atlit dalam APBD induk TA 2023", ujar sejumlah anggota dewan yang mengakui tidak pernah membahas alokasi anggaran bonus atlit dimaksud.


Terkait hal ini, Sekretaris Daerah Melancthon H Wolf ketika dikonfirmasi sejumlah awak media, tidak membantah bahkan mengakui bahwa belum adanya alokasi anggaran untuk bonus atlit berprestasi Porprov di Kabupaten Bolang Mongondow.


"Dalam APBD induk TA 2023 Kabupaten Sangihe, tidak ada anggaran yang tertata untuk bonus atlit berprestasi yang mengikuti ajang Porprov ke XI tersebut," ujarnya.


Meski demikian, Wolf melanjutkan bahwa bonus atlit tersebut akan diupayakan untuk direalisasikan.


"Nanti kita siasati di Perubahan Penjabaran APBD TA 2023 yang akan dilakukan dalam waktu dekat," pungkasnya.



Reporter/Editor : Dendy Abram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar