Ads

Jumat, 24 Februari 2023, Februari 24, 2023 WIB
Last Updated 2023-02-24T13:11:39Z
BITUNG

Kepala KUA Matuari Nilai Ketua DMI Kota Bitung Tidak Netral Soal BTM Al-Ittihad

Foto : Ronny Sunge, Kepala KUA Matuari (Al-JT)


JOURNALTELEGRAF - Kepala KUA kecamatan Matuari, Ronny Sunge akhirnya angkat bicara terkait permasalahan Keimaman dan BTM Masjid Al-Ittihad Kelurahan Manembo nembo Atas, Kecamatan Matuari.


Menurutnya, ada kekeliruan yang disampaikan oleh sejumlah pihak, termasuk Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Bitung terkait persoalan di Al-Ittihad.


"Ketua DMI pak Hasan Suga hanya mendengar satu pihak, sehingga apa yang beliau sampaikan kurang lengkap dan tidak berimbang," kata Ronny, Jumat (24/2/2023) saat meminta hak jawab kepada media ini.


Sebagai Ketua DMI Kota Bitung yang tujuannya ingin menjernihkan masalah, seharusnya berkoordinasi dengan panitia.


"Hendaknya beliau berkoordinasi dengan panitia yang notabene dibentuk olrh jamaah itu sendiri, agar bisa dapat informasi yang lengkap. Tidak hanya dari satu kubu, tapi kubu panitia juga. Sehingga bisa mengambil kesimpulan yang bisa mempersatukan umat di sana," jelasnya.


Tapi lanjut Ronny, sampai saat ini Ketua DMI Kota Bitung belum melakukan langkah langkah tersebut.


"Harusnya kita semua duduk bersama mencari solusi terbaik buat jamaah Masjid Al Ittihad. Tapi nyatanya sampai sekarang itu tidak dilakukan oleh bapak Hasan Suga selaku Ketua DMI Kota Bitung," ujarnya.


Sedangkan terkait langkah dirinya selaku Kepala KUA Kecamatan Matuari sebelum menerbitkan SK adalah mempertemukan kedua pihak.


"Ada bukti surat kalau saya mempertemukan kedua pihak sebelum SK itu diterbitkan. dimana salah satu kubu justru tidak datang dalam pertemuan tapi merespon dengan mengirim surat kepada saya dengan berbagai alasan. Jadi menurit saya semua sudah sesuai aturan main yang ada dan tidak ada aturan yang dilanggar, " pungkasnya.



Reporter : Arham Licin

Editor : Arham Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar