Ads

Selasa, 21 Februari 2023, Februari 21, 2023 WIB
Last Updated 2023-02-21T05:03:37Z
sulteng

Kadis Dukcapil Buka Kegiatan Musrenbang Tingkat Kecamatan Bungku Utara Tahun 2023


JOURNALTELEGRAF - Bupati Morowali Utara Yang Diwakili Oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Daerah Drs. Benhart Tandi Tialen, Buka Kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Bungku Utara Tahun 2023, di Aula Kantor Camat Bungku Utara , Senin (20/2/2023).


Hadir dalam kegiatan ini Ketua DPRD Kabupaten Morowali Utara yang diwakili oleh Anggota DPRD Helen, SE beserta anggota DPRD lainnya, Sekretaris Badan Penelitian dan Pembangunan Daerah Kabupaten Morowali Utara (Bappelitbangda) Ir. La Ode Muhammad Yani Samu, ST, M.Si beserta jajaran dan staf, Camat Bungku Utara Rijal Thaib Sehe, SH beserta jajaran dan staf, Kapolsek Bungku Utara Ipda Mas'ud Amara , Danramil 06 Bungku Utara Kapt. Inf. Silas Eban B., sejumlah pimpinan atau perwakilan dari OPD Lingkup Pemda Morowali Utara, Kepala Desa se-Kecamatan Bungku Utara, serta tamu undangan lainnya.


Dihadapan peserta Musrenbang, Kadis Dukcapil  membacakan sambutan Bupati Morowali Utara yang mengatakan bahwa kegiatan ini digelar untuk menyepakati usulan serta mewujudkan sinkronisasi di berbagai usulan kegiatan dari Musrenbang Desa untuk mendapatkan masukan dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024.


Terkait tema Musrenbang kali ini yaitu Pemantapan dan Perluasan Rantai Nilai Ekonomi Untuk Memperkuat Daya Saing Daerah, Bupati ingin setiap usulan yang menjadi prioritas haruslah usulan yang bersifat urgent yang menjadi kebutuhan dari desa-desa yang ada pada Kecamatan Bungku Utara. 


"Semua usulan telah yang menjadi prioritas, wajib terinput dalam aplikasi perencanaan sebagai wadah sistem perencanaan berbasis elektronik. Seluruh usulan tersebut akan diteruskan kepada perangkat daerah sesuai kewenangannya untuk ditelaah lebih mendalam dan menjadi masukan dalam Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2024", jelasnya. 


Sementara ditempat yang sama, Rijal Thaib Sehe selaku Camat Bungku Utara memaparkan berbagai usulan prioritas yang selama ini menjadi isu strategis di Kecamatan Bungku Utara. Isu strategis di bidang kesehatan yakni masih kurangnya tenaga kesehatan di Kecamatan tersebut serta belum optimalnya pemanfaatan RS Pratama Baturube. Untuk di bidang pendidikan, masih perlu dibentuknya Unit Pelaksanaan Teknis Pendidikan berdasarkan struktur organisasi yang ada. 


Di Bidang ekonomi, masih perlu adanya pendampingan untuk meningkatkan sumber daya anggota kelompok UMKM, kelompok pertanian dan kelompok lainnya sehingga tujuan dari pemanfaatan dari penyaluran Dana Bantuan Khusus Desa mendapatkan hasil yang maksimal. Dan yang terakhir, dari segi infrastruktur jalan, beliau ingin beberapa ruas jalan yang belum tuntas agar dapat segera dituntaskan serta adanya pembangunan infrastruktur jalan di daerah sekitaran pantai Siliti karena daerah ini nantinya akan dijadikan objek wisata. 


"Dalam rangka mewujudkan visi misi Kabupaten Morowali Utara yang Sehat Cerdas dan Sejahtera maka kami telah paparkan berbagai isu strategis yang ada. Kami harap hal tersebut dapat menjadi perhatian dari berbagai OPD terkait yang hadir dalam kegiatan Musrenbang hari ini. Karena hari ini kita hadir untuk mewujudkan satu rencana besar," pungkasnya.




Reporter : Arthomo Lagaronda 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar