Ads

Selasa, 21 Februari 2023, Februari 21, 2023 WIB
Last Updated 2023-02-21T04:52:51Z
sulteng

Bupati Morowali Utara Membuka Secara Resmi Musrenbang Tingkat Kecamatan Petasia Tahun 2023



JOURNALTELEGRAF- Wakil Bupati Morowali Utara H.Djira K ,Spd, M.Pd, Membuka Secara Resmi Musrenbang Tingkat Kecamatan Petasia Tahun 2023 di Ruang Pertemuan Kantor Camat Petasia , Senin (20/02/2023).


Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dengan tema "Pemantapan dan Perluasan Rantai Nilai Ekonomi untuk Memperkuat Daya saing Daerah" digelar untuk mendapatkan masukan dari para stakeholder dalam rangka penyempurnaan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024. Musrenbang ini diselenggarakan dari tanggal 20-24 Februari 2023 di seluruh Kecamatan se-Kabupaten Morowali Utara.


Dalam sambutan Bupati yang dibacakan oleh Wabup Djira, kegiatan musyawarah ini digelar untuk saling berdiskusi dengan membawa program dan untuk dapat menentukan program-program apa yang akan dikerjakan pada tahun 2024. Semua ini merujuk pada UU No.25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan UU No.32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, serta Permendagri No.86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan pengendalian dan evaluasi rancangan peraturan Daerah. 


Lebih lanjut Wabup Djira menjelaskan gambaran umum perkembangan kemajuan daerah, pertumbuhan ekonomi makro Kabupaten Morowali Utara pada tahun 2019 sampai tahun 2021 rata-rata mencapai 8,44%. Dimana pertumbuhan ekonomi puncak terjadi pada tahun 2021 yaitu mencapai 10,47%. Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) perkapita naik secara signifikan rata-rata sebesar 7,33%.


"Angka kemiskinan di kabupaten Morowali Utara terus mengalami penurunan. Keberhasilan tersebut tentunya merupakan dampak dari membaiknya pembangunan di tingkat Kecamatan. Hal-hal inilah yang nantinya akan menjadi tolok ukur penyusunan RkPD Kabupaten Morowali Utara tahun 2024. Selain itu tentunya tetap memperhatikan prioritas pembangunan daerah." , jelasnya


"Kami juga berharap dengan pelaksanaan Musrenbang tingkat kecamatan dapat,memberikan kesempatan kepada bagi pemangku kepentingan di tingkat kecamatan untuk memproses pengusulan dan penentuan prioritas usulan serta kesepakatan rencana kegiatan kerja di Desa, Kelurahan serta Kecamatan. Oleh sebab itu setiap usulan desa haruslah prioritas usulan yang sifatnya mendesak yang menjadi kebutuhan dari Kecamatan itu sendiri" pungkasnya. 


Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan rencana kerja serta isu strategis yang dihadapi oleh Kecamatan Petasia. Hal ini disampaikan langsung Camat Petasia Nofrianto H.Najamudin, SE. 


Nampak hadir bersama Wabup yakni sejumlah anggota DPRD Kabupaten Morowali Utara, Asisten II Setdakab Morut H. Ridwan Nonci, Camat Petasia Nofrianto Najamudin, SE beserta jajaran dan staf, Kapolsek Petasia, Danramil Petasia , Tim dari Bppelitbangda Morut, sejumlah Kepala OPD Lingkup Pemda Morut, para Lurah, Kades, Anggota Badan Permusyawara Desa (BPD) se-Kecamatan Petasia, serta tamu undangan lainnya.



Reporter : Artomo Lagaronda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar