Ads

Jumat, 10 Februari 2023, Februari 10, 2023 WIB
Last Updated 2023-02-13T10:38:27Z
Nusa UtaraSangihe

Hadiri Tulude Masyarakat 'Kuluhe Mahentungang', Tamuntuan : Mari Bersinergi Membangun Daerah

Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe, dr Rinny Tamuntuan Pada Acara Adat Tulude di Desa Kulur, Kecamatan Tabukan Tengah.



JOURNALTELEGRAF - Dalam kebersamaan menjaga serta melestarikan kearifan lokal dan budaya daerah; Pemerintah dan masyarakat Desa Kulur seutuhnya 'Kuluhe Mahentungang' menggelar pesta adat Tulude. Jumat,(10/02/2023)


Perayaan Tulude di Desa Kulur, Kecamatan Tabukan Tengah tahun ini mengambil tema acara 'maning nahia u purangeng, kai supato we senggesa' yang artinya biar berbeda pikiran, pendapat ataupun lain hal tapi semuanya tetap satu untuk Sangihe. Perayaan ini juga merupakan bentuk syukur masyarakat sebagai penanda 'mengungsi u taung' atau menutup tahun yang lama dan menyambut tahun yang baru.


Sebelum memasuki acara puncak, para pelaku adat telah memulai prosesi acaranya; mulai dari arak-arakan kue adat Tamo yang ikut dikawal dengan tarian adat serta tabuhan tambur dan tagonggong. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan berbagai atraksi tarian adat seperti Tari Salo dan Tari Upase serta tarian lainnya.


Kehadiran Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe, dr Rinny Tamuntuan juga disambut secara adat oleh masyarakat Desa Kulur. Tamuntuan dan tamu undangan lainnya pun diarak menuju ke panggung utama sembari diiringi dengan tarian adat serta tabuhan tagonggong.


Tamuntuan pun membuka pelaksanaan acara adat Tulude/mengungsi u taung, ditandai dengan tabuhan gong kemudian dilanjutkan oleh para pelaku adat sesuai susunan acara dan prosesi adat. Salah satunya ialah pemotongan kue adat Tamo.


"Mari kita lebih memaknai berbagai dimensi kehidupan, sebagai bentuk tanggung jawab untuk membawa kehidupan pribadi, keluarga bahkan relasi bermasyarakat untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan sang pemilik kehidupan," ujar Tamuntuan dalam sambutannya.


Dia juga mengajak Pemerintah dan Masyarakat Adat 'Kuluhe Mahentungang' agar dapat bersinergi dengan pemerintah daerah dalam segala hal.


"Selaku orang-orang yang dipercayakan memimpin daerah ini, kami sangat membutuhkan kerjasama dan dukungan dari semua pihak terlebih dari semua elemen masyarakat. Karena itu, kami berharap masyarakat Desa Kulur untuk tetap bersinergi dengan pemerintah dalam menunjang dan mensukseskan pembangunan di daerah ini, melalui tugas, peran dan fungsi masing-masing," harap Tamuntuan.


Seusai sambutan, kedua Kepala Desa Kulur 1 Helmy Ch Macpal dan Kulur 2 Ronny Kawoka secara bersama-sama menyampaikan ungkapan syukur karena acara dapat berlangsung dengan baik dan berterima kasih atas kehadiran dari Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe, dr Rinny Tamuntuan bersama rombongan serta semua tamu undangan lainnya yang ikut hadir.


Sebelum kembali ke Kota Tahuna, Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe, dr Rinny Tamuntuan menyempatkan diri bersama tamu undangan lainnya ikut serta berbaur dengan masyarakat dalam acara empat wayer. Tamuntuan juga menyapa masyarakat, ketika acara ramah tamah sembari mengambil makanan dirinya berbincang dengan ibu-ibu di tiap meja yang dikunjunginya.


Adapun penanggungjawab acara yakni Semi Mananoma selaku Ketua Panitia yang mengatur dan mengakomodir suksesnya acara tersebut.


Turut hadir mendampingi Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe yakni 2 Asisten, Johanis Pilat dan Olga Makasidamo. Wakil ketua 2 DPRD Sangihe, Michael Thungari bersama Kabag Humas Perundangan-undangan Ronald Lumiu dan staf. Camat Tabukan Tengah, Yusak Karame serta Mantan bupati, Jabes Ezar Gaghana dan tamu undangan lainnya.



Reporter/Editor : Dendy Abram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar