Ads

Jumat, 10 Februari 2023, Februari 10, 2023 WIB
Last Updated 2023-02-10T08:11:42Z
Nusa UtaraSangihe

Gelar Tulude, Masyarakat Adat Desa Kulur Tampilkan Aktraksi Kebudayaan Daerah

Atraksi Kebudayaan Daerah, Tari Adat Sangihe



JOURNALTELEGRAF - Masyarakat Adat Desa Kulur seutuhnya, memang tak bisa terpisahkan dari kehidupan budaya dan kearifan lokal daerah. Nyatanya hingga saat ini, mereka masih memelihara dan melestarikan adat istiadat serta budaya yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Hal itu terlihat pada perayaan Tulude di Desa Kulur. Jumat,(10/02/2023).


Adapun sebelum memasuki acara puncak, para pelaku adat memulai dengan berbagai atraksi kebudayaan daerah; mulai dari Tarian Adat baik Salo dan Upase, Mesalai dan Gunde, hingga Masamper yang turut diiringi oleh tabuhan tambur dan tagonggong.


Pelaksanaan Tulude kali ini juga turut mengundang Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe, dr Rinny Tamuntuan untuk dapat hadir bersama masyarakat.


"Perayaan Tulude kali ini merupakan perayaan dari masyarakat Desa Kulur seutuhnya, dimana gabungan dari Desa Kulur 1 dan Kulur 2. Di samping itu, panitia acara juga mengundang Ibu Bupati sebagaimana diharapkan oleh pemerintah dan masyarakat dari kedua desa ini untuk dapat hadir bersama," ungkap Camat Tabukan Tengah, Yusak Karame di lokasi acara.


Sampai saat ini, atraksi kebudayaan daerah masih terus berlangsung hingga menunggu penjemputan secara adat kepada Ibu Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe, dr Rinny Tamuntuan untuk nanti memasuki acara puncak.



Reporter/Editor : Dendy Abram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar