Ads

Jumat, 27 Januari 2023, Januari 27, 2023 WIB
Last Updated 2023-01-27T00:07:50Z
Papua

Sandiaga Uno Siap Dukung Sail Teluk Cenderawasih 2023 di Kabupaten Biak Numfor


Foto : Menteri Pariwisata dan Ekraf RI, Sandiaga Uno bersama Bupati Biak Numfor (ist)


JOURNALTELEGRAF - Sail Teluk Cenderawasih 2023 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Biak Numfor mendapat dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.


Dukungan pelaksanaan iven pariwisata ini disampaikan langsung Menteri Pariwisata dan Ekraf RI, Sandiaga Salahudin Uno saat bertemu Bupati Biak Numfor, herry Ario Naap di Jakarta, Kamis (26/1/2023).


“Kami siap mendukung suksesnya pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih 2023 di Kabupaten Biak Numfor,” kata Mas Menteri sapaan akrab Sandiaga Uno selama menjadi Menteri Pariwisata dan Ekraf RI.


Iven Sail Teluk Cenderawasih 2023 diharapkan menjadi pintu masuk Biak sebagai destinasi utama pariwisata di Tanah Papua dan Pasifik.


"Apalagi di Kabupaten Biak terdapat Bandara Antariksa yang bisa menjadi kekuatan ekonomi wisata masa depan.Khususnya untuk wisata luar angkasa. Termasuk alam Tanah Papua yang memiliki kekayaan yang mempesona," ucap Sandi.

Foto : Bupati Biak Numfor dan Menparekraf RI (ist)


Sementara itu, Bupati Herry Ario Naap menyampaikan apresiasi atas dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekraf RI terhadap pembangunan sektor pariwisata selama ini, dan sekaligus menyampaikan siap berkolaborasi untuk membangun Pariwasata dan ekpnokinkreatif di Biak Numfor. 


Kepada Sandiaga Uno, NlBupati Biak Nomfor menyampaikan komitmen pemerintah daerah dengan afirmasubkebijakan dan anggarqn yang jelas dan terukur bagi sektor pariwisata.


“Melalui berbagai program, kami ingin menjadikan pariwisata sebagai core ekonomi bersama perikanan untuk masa depan Biak Numfor yang lebih baik kedepan,” kata Herry.


Sekedar diketahui, dalam pertemuan itu juga ada beberapa poin yang disampaikan dan diharapkan dapat ditindaklanjuti. Diantaranya, pariwisata dan Ekraf Indonesia dikembangkan dengan konsep sinergi dan integrasi Pemerintah Pusat dan Daerah.


Pembangunan Destinasi, Pemasaran Wisata,.Penyelenggaraan Event dan Peningkatan Kompetensi SDM dan Sertifikasi Usaha dan Jasa Wisata menjadi Sasaran pengembangan Parekraf dengan pola Pentahelix. 


“Pengembangan dan pembinaan Desa Wisata menjadi Brand dan Instrumen ekonomi wisata,” jepas Herry.


Sedangkan terpisah Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Biak Numfor, Onny Dangebun menjelaskan bahwa Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pariwisata dilakukan sangat selektif oleh Kementerian Pariwisata dan Ekraf RI dan sesuai prioritas nasional, lokasi prioritas dan pemenuhan syarat umum dan teknis sesuai standart yang ditetapkan. 


"Sesuai penilaian dari Kementerian Pariwisata dan Ekraf, Kabuoaten Biak Numfor menjadi salah satu percontohan terbaik salam pemenuhan standar DAK sehingga kita mendapat alokasi DAK pariwisata tertinggi di Indonesia," jelas Onny.



Reporter : Ronaldo Letsoin

Editor : Arham Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar