Ads

Kamis, 12 Januari 2023, Januari 12, 2023 WIB
Last Updated 2023-01-12T01:57:13Z
Sulawesi Tengah

Pj Bupati Buol Serahkan Bantuan ATENSI Untuk Anak Yatim

Foto ; Pj Bupati Buol serahkan bantuan sosial ATENSI (ist)


JOURNALTELEGRAF - Pj. Bupati Buol Drs. M. Muchlis, MM didampingi Kepala Dinas Sosial Asmayudin Gontjing, SP. menghadiri  kegiatan Penyaluran Program Bantuan Sosial  Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) anak yatim, dan yatim piatu bertempat di Kantor BNI Cabang Buol Kel. Kali Kec. Biau, Senin (09/01/2023). 


Kadis Dinsos Kab Buol dalam sambutannya mengatakan Program Bantuan ATENSI merupakan program Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial RI yang terkait dengan pemberian layanan  bagi Pemerlu Pelayananan Kesejahteraan Sosial (PPKS). Dasar Hukum ATENSI itu sendiri adalah Permensos Nomor 7 Tahun 2021 tentang Asistensi Rehabilitasi Sosial. Untuk Kabupaten Buol Program ATENSI ini diberikan kepada anak yatim, anak piatu dan anak yatim piatu (yapi) tahun 2022.


"Bantuan tersebut bertujuan untuk membantu meringankan beban anak atau keluarga dalam menjalani kehidupan dan untuk menjamin melindungi anak dan hak-haknya agar anak dapat hidup, tumbuh berkembang,"jelas Asmayudin.


Dasar pemberian program Bansos ATENSI adalah Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kementrian Sosial Direktorat Rehabilitasi Sosial anak Tahun 2022 sebesar Rp.69.600.000, dengan rincian penerima manfaat pada Bank BNI sebanyak 109 ( seratus sembilan) anak, pada bank mandiri sebanyak 7 (tujuh) anak dan masing-masing anak menerima sebesar Rp.600.000. Adapun syarat penerima program ATENSI YAPI yaitu :


1. Bukan anak yg mendapat bantuan yapi covid-19.

2. Tidak berusia 18 tahun pada bulan oktober tahun 2022.

3. Anak yatim, piatu,dan yatim piatu yang bukan salah satu orang tua menikah lagi.


Pada kesempatan tersebut Pj. Bupati Buol memberikan apresiasi atas upaya yang sudah dilaksanakan oleh Dinas Sosial dan dibantu oleh pendamping Kementerian Sosial dalam pelaksanaan verifikasi dan validasi melalui asessment langsung di lapangan dengan menggunakan aplikasi SIKS Mobile sehingga data diperoleh adalah data yang akurat.


"Pemerintah Daerah Kabupaten Buol juga mengucapkan banyak terima kasih kepada lembaga mitra salur dalam hal ini Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Mandiri yang ikut mensukseskan program Atensi bantuan sosial yatim piatu," kata Muchlis.


Harapan Pemerintah, semoga ATENSI yang dilaksanakan di Kabupaten Buol berkelanjutan, bermanfaat dan dapat meringankan beban kepada masyarakat yang  menerima manfaat.


Penyaluran bantuan sosial ATENSI Anak yatim, piatu, dan yatim piatu secara simbolis diberikan oleh Pj. Bupati Buol didampingi oleh Kadis Dinsos serta jajarannya dan Kepala Bank Cabang BNI Toli-Toli dan jajarannya.


Yang turut hadir jajaran pegawai Dinas Sosial Kan.Buol, Kepala Cabang BNI Toli-toli beserta jajarannya, Pilar-pilar sosial dan anak-anak penerima bantuan dan walinya.



Reporter : Moh.Asri

Editor : Arham

Tidak ada komentar:

Posting Komentar