Ads

Kamis, 12 Januari 2023, Januari 12, 2023 WIB
Last Updated 2023-01-12T07:05:36Z
Sulawesi Tengah

Koordinator Kemenhan RI Kunjungi Kabupaten Buol Memantau Lahan Perkebunan Jagung


Foto : Koordinator Kemenhan RI, Basan Cadangan Logistik Stratgeis kunjungi Kab.Buol (ist)


JOURNALTELEGRAF - Koordinator Kementerian Pertahanan RI, Badan Cadangan Logistik Stategis wilayah Sulawesi Tengah berkunjung ke Kabupaten Buol, Rabu (11/1/2023).


Kunjungan ini dalam rangka meninjau lahan pertanian jagung yang tersebar di wilayah tersebut.


Koordinator Kementerian Pertahanan wilayah Sulawesi Tengah, Kolonel Inf. Ikram Paputungan mengatakan ada sebelas kecamatan di Kab.Buol yang menjadi lokasi perkebunan jagung.


"Kementerian Pertahanan memang sejak 2020 telah menjadi salah satu inisiator dalam pengembangan food estate yang ditunjuk oleh Presiden Jokowi berdasarkan perspektif pertahanan negara seperti tertuang dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara," kata Ikram.


Program Kementerian Pertahanan dalam rangka mewujudkan Cadangan Logistik Strategis Nasional dan dalam penataan Food Estate hingga ke wilayah wilaya yang dianggap mampu dan siap memenuhi lahan perkebunan untuk dimanfaatkan sedini mungkin demi menjaga krisis pangan nasional.


"Food Estate merupakan pengembangan pusat pangan, yang tidak hanya mengembangkan pusat pertanian padi namun juga pusat-pusat pertanian pangan lainnya, seperti jagung, singkong,dan lain-lain, sesuai dengan kondisi lahan yang ada di wilayah masing-masing daerah," tambah Ikram.


Sementara Kabupaten Buol merupakan salah satu kabupaten yang memiliki lahan perkebunan jagung yang sudah memproduksi hasil jagung 86.587.5 ton pada tahun 2020 dengan  luasan lahan 17,317,5 Hektare.



Pada kesempatan yang sama Ketua Umum Lembaga Ketahanan Pangan Nasional (LKPN) I Sulawesi Tengah , Anneke juga Dldidampingi Ketua LKPN Kabupaten Buol Husni Sese berharap kedatangan Koodinator Kementerian Pertahanan Badan Cadangan Logistik Starategis Nasional (BCLSN) di Kabupten Buol akan menjadi salah satu Kabupaten yang akan diberikan kesempatan oleh Menter Pertahanan Prabowo Subianto demi meningkatkan produksi pertanian jagung dan pangan lainnya, sehingga masyarakat petani yang ada di kabupaten Buol mendapat kesejateraan.


"Kami sebagai penginisiasi dan atas nama LKPN Kabupaten Buol kiranya Pak Menteri Pertahanan dapat memberikan fasilitas pendukung untuk kemajuan pertanian agar petani kita di kabupaten Buol dapat bersaing dengan daerah lainnya," jelas Husni.


Di perbatasan Propinsi Gorontalo dan Sulawesi Tengah, tepqtnya di Desa Molangato Kabupaten Buol ikut hadir Camat Paleleh dan jajarannya, Kepala Desa, Kepala Bidang Pertanian, Perwakilan Danramil, tokoh masyarakat, petani yang ada Di Kecamatan Paleleh.



Reporter : Moh. Asri

Editor : Arham

Tidak ada komentar:

Posting Komentar