Ads

Kamis, 12 Januari 2023, Januari 12, 2023 WIB
Last Updated 2023-01-12T11:24:26Z
Minahasa selatan

Muhammadiyah Gelar Vaksinasi Massal di Minahasa Selatan

Foto : kegiatan Vaksinasi Massal Muhammadiyah di Minahasa Selatan (FU-JT)


JOURNALTELEGRAF - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Minahasa Selatan bersama Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan USAID melaksanakan vaksinasi massal di Kecamatan Amurang Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, Kamis (12/01/2023).


Novianto Topit selaku Distrik Manager dalam sambutannya mengatakan, kegiatan yang digalakkan secara massal tersebut dilaksanakan di 4 titik di Minahasa Selatan 


"Diantaranya di Desa Tanamon, Kelurahan Uwuran 1, Desa Tumpaan Baru dan juga Kelurahan Ranoiapo yang dipusatkan di MI Muhammadiyah," ujar Novianto.


Kata dia, terkait kegiatan vaksinasi adalah merupakan komitmen Muhammadiyah dalam kemanusiaan. 


"Covid 19 merupakan bencanan non alam yang harus segera kita atasi secara bersama - sama. Kegiatan ini merupakan komitmen Muhammadiyah untuk kemanusiaan dengan tujuan untuk menekan angka penularan serta membentuk kekebalan tubuh manusia dari serangan virus Covid 19," katanya.


Sementara Wakil Ketua MPKU PP Muhammadiyah, H. Agus Kusnadi dalam sambutannya mengatakan, vaksinasi ini kerjasama MPKU PP Muhammadiyah dengan USAID dan Kementerian Kesehatan adalah bagian dari bukti bahwa Muhammadiyah tetap dalam gerakan kemanusiaan 


"Sejak awal berdiri Muhammadiyah tidak pernah memandang suku, agama, dan ras. dalam kepeduliannya, Muhammadiyah selalu memposisikan semua umat manusia mendapatkan bantuan dengan takaran kepedulian yang sama. Demikian sebagai subtansi pergerakan manusia dalam bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan lainnya," tukasnya.


Senada dengan itu, Kabid Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit Dinkes Minsel,  Toni Rawis mengapresiasi langkah Pimpinan Daerah Muhammadiyah yang turut serta dalam menyukseskan program vaksinasi khususnya di Minahasa Selatan. 


"Kegiatan Vaksinasi Masal yang dilaksanakan oleh Ormas, Organisasi Keagamaan, dan komunitas lainnya, lebih mendapat atensi dari masyarakat. Oleh karenanya, kami sangat berterimakasih atas kerjasama PDM Minsel, serta dukungan dari MPKU PP Muhammadiyah dalam kegiatan vaksinasi masal di Minahasa Selatan," kata Toni.


Dirinya juga menambahkan, upaya yang dilakukan Muhammadiyah tidak terlambat justru sangat dibutuhkan saat ini dimana peran peran organisasi kepemudaan sanggat dibutuhkan untuk suksesnya program vaksinasi pemerintah.


"Jadi saya sangat mendukung, bahkan kalau berkaitan dengan vaksin segara dikordinasikan untuk di backup," terangnya.


Sementara itu, Ketua PDM Minahasa Selatan, Abdul Azis Nata, mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan sinergitas antara Pimpinan Pusat dan Pimpinan Daerah.


"Program Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang disalurkan ke Pimpinan Daerah Muhammadiyah adalah sesuatu yang sangat kami harapkan. Demikian, sebagai bentuk sinergitas antara Muhammadiyah Pusat dan Daerah," jelasnya.


Dia bahkan berharap agar peran Muhammadiyah terus memaksimalkan dalam membantu masyarakat maupun pemerintah guna kemaslahatan bersama. 


"Karena memang tugas Muhammadiyah seperti itu, selalu mengambil peran jika dibutuhkan apalagi membantu masyarakat itu adalah ruh dari gerakan Muhammadiyah," ungkapnya.


Untuk diketahui, kegiatan vaksinasi ini merupakan kerjasama antara PDM Minahasa Selatan dan Dinas Kesehatan Minahasa Selatan juga turut di sponsori oleh Majelis Pembinaan Kesehatan Umum (MPKU) PP Muhammadiyah, Kemenkes dan juga USAID . 



Reporter : Franly

Editor : Ewin Agustiawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar