Ads

Kamis, 05 Januari 2023, Januari 05, 2023 WIB
Last Updated 2023-01-04T23:30:29Z
Buol

BPKAD Buol Gelar Bimtek


BPKAD LAKSANAKAN BIMTEK PENGELOLAAN DAN PENATAUSAHAAN BELANJA DAERAH BAGI BENDAHARA DAN PPTK SE KABUPATEN BUOL


JOURNALTELEGRAF-Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Buol melalui Bidang Perbendaharaan menyelenggarakan Bimbingan Teknis terkait optimalisasi pengelolaan dan penatausahaan belanja daerah. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Lt.2 Kantor BPKAD, Senin-Selasa (26-27/12).

Sekda Kabupaten Buol Suprizal Jusuf pada sesi pertama menyampaikan isu krusial dalam APBD 2023 yang berkaitan dengan dukungan anggaran spesifik dalam pelaksanaan urusan konkuren. 

Adapun isu-isu krusial yang dipaparkan, diantaranya meliputi urusan pendidikan sekurang-kurangnya 20 persen, kesehatan 10 persen, infrastruktur pelayanan publik 40 persen.

Dilanjutkan sesi kedua, Kepala Badan BPKAD, Syarif Pusadan membawakan materi tentang arah kebijakan pengelolaan Keuangan Daerah Tahun 2023, yang meliputi pendapatan daerah, belanja daerah dan pembiayaan daerah. 
 Terkait dengan Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2023, adapun tema yang diusung adalah "Peningkatan Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan".

Kepala Bidang Perbendaharaan, Kasim Ali menekankan kepada para PPTK dan bendahara agar dapat mengelola keuangan secara efektif, efisien dan ekonomis. Ia juga mengarahkan kepada para bendahara untuk segera melengkapi laporan pertanggungjawaban belanja di SIPD.

Pada sesi selanjutnya, Inspektur Daerah Kabupaten Buol Wahida menyampaikan materinya megenai pengawasan pengelolaan belanja atas dasar LHP BPK RI dalam pemeriksaan LKPD Tahun 2021. 

Dalam materinya disampaikan apa saja yang menjadi catatan BPK tahun 2021 agar bisa dijadikan evaluasi bagi pengelola keuangan daerah, khususnya PPTK dan bendahara.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh PPTK dan Bendahara OPD, baik dinas, badan, maupun kecamatan se Kabupaten Buol.(rls)

Reporter: Moh Asri
Editor: Ewin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar