Ads

Minggu, 11 Desember 2022, Desember 11, 2022 WIB
Last Updated 2022-12-11T05:48:10Z
Sulawesi Tengah

Langkah Konkrit PT.TDU Kendalikan Sampah di Morowali Utara Diapresiasi Ketua MIO Indonesia Sulteng


Foto : Tempat pembuangan sampah di Desa Ganda Ganda (ist)


JOURNALTELEGRAF -  Permasalahan kesehatan lingkungan di Dusun V Lambolo Desa Ganda-Ganda, Kabupaten Morowali Utara, Provinsi Sulawesi Tengah kian memprihatinkan. 


Tumpukan sampah di daerah itu yang berserakan hingga nyaris menutup ke badan jalan yang merupakan akses vital masyarakat ditengarai menjadi penyebabnya.


Bahkan masyarakat yang bermukim di daerah itu, khawatir limbah buangan yang setiap harinya bertambah, bakal menjadi pemantik pencemaran lingkungan yang berpotensi berdampak negatif bagi mereka.


Menyikapi kondisi tersebut, pihak manajemen PT. Trinusa Dharma Utama (TDU) turun tangan dan melakukan upaya pembersihan hingga peleburan tumpukan sampah di daerah itu secara berkala dengan bantuan alat berat yang sengaja didatangkan oleh pihak perusahaan secara gratis. 


Terkait hal tersebut, Direktur Utama PT. Trinusa Dharma Utama, Moh. Gentha Putra, kepada sejumlah awak media menyatakan, bahwa segala aktivitas yang dilakukan, merupakan upaya kepedulian pihak manajemen perusahaan, dalam membantu Pemerintah Kabupaten Morut, dalam hal penanganan lingkungan hidup, guna mencegah timbulnya dampak negatif terhadap masyarakat disekitar area itu. 


"Ini bentuk kepedulian kami untuk membantu Pemda Morut khususnya Dinas Lingkungan Hidup, dengan menurunkan armada alat berat membersihkan sampah di wilayah Lambolo," terang Gentha kepada tim Lensa Cyber Indonesia Via WhatsApp selluler, Minggu (11/12/2022).


Senada, Direktur Operasional PT. TDU, Ilham Erlangga menambahkan, bahwa selama ini pihak manajemen perusahaan TDU selalu merespon cepat setiap penyampaian dari Dinas Lingkungan Hidup. 


"Selama beraktivitas di wilayah tersebut, saat Dinas Lingkungan hidup mengkoordinasikan kepada kami, perusahaan selalu merespon cepat untuk membantu," ungkap Ilham.


Sedangkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Morowali Utara, Syarifuddin dalam keterangannya mengatakan bahwa Tempat Pembuangan Sampah sementara di Desa Ganda Ganda, Kecamatan Petasia hanya digunakan sebagai area alternatif masyarakat yang tinggal di Kota Kolonodale, mengingat belum adanya ketersedian TPS yang representatif di Morowali Utara.


"Sampai saat ini, Morut belum memiliki Tempat Pembuangan Akhir  yang representatif. Dan PT. TDU sangat membantu pemerintah daerah dalam membersihkan sampah yang  meluber dan full. Kalau sudah full dan meluber hingga ke jalan, kami minta tolong ke PT. Trinusa Dharma Utama. Kami bersyukur sekali ada perusahaan di situ, kalau tidak meluber terus sampah. Karena Dinas Lingkungan Hidup tidak punya alat berat, jadi kami selalu minta tolong ke PT. Trinusa," tutur Syarifudin. 


Saat ini masih kata Syarifudin, setiap pembersihan sampah dibantu alat berat dari PT. Trinusa melakukan pembersihan dan merapikan lokasi, agar sampah yang dibuang tidak berhamburan dan mempengaruhi kesehatan lingkungan. Kegiatan ini secara rutin sudah dilakukan oleh PT. TDU selama dua tahun berjalan. 


Atas aksi pihak manajemen PT TDU terhadap kondisi lingkungan di daerah Morut, khususnya di Desa Ganda-ganda, Pimpinan Wilayah Media Independen Online Indonesia (MIO Indonesia) Sulteng, Andi Samsu Alam, saat dimintai tanggapannya menyatakan,  sangat mendukung langkah kongkrit pihak manajemen PT TDU dalam hal pengendalian dampak lingkungan hidup. 


"Kita harus obyektif melihat bahwa ini adalah upaya kongkrit yang layak diapresiasi. Kehadiran perusahaan bukan hanya sebatas menggerus keuntungan semata, tapi juga harus memberikan kontribusi riil dalam bentuk kepedulian aksi nyata", tutur Andi Samsu Alam, yang lebih akrab disapa Bang Andi.


Lanjut Bang Andi, berharap agar setiap perusahaan, khususnya yang bergerak di bidang pertambangan di daerah Morut dapat meneladani dan melakukan hal serupa yang dilakukan oleh manajemen PT TDU. 


"Ini adalah contoh yang baik, yang dapat menjadi contoh kepedulian nyata terhadap masyarakat. Aksi sederhana tapi dampak positifnya terhadap masyarakat dan daerah sangat besar", tandas Bang Andi.


Disisi lain, Bang Andi juga berharap, Pemerintah Kabupaten Morut dapat melakukan upaya kongkrit, mengupayakan tempat pembuangan sampah yang representatif guna lebih mengoptimalkan penanganan dan pengendalian dampak negatif dari limbah sampah buangan di Morut.



Reporter : Arthomo Lagaronda

Editor : Arham Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar