Ads

Minggu, 11 Desember 2022, Desember 11, 2022 WIB
Last Updated 2022-12-11T03:55:41Z
Sulawesi Tengah

Kementerian ATR/BPN Gelar Stranas di Kabupaten Tolitoli


Foto : kegiatan stranas Kementerian Pertanahan Nasional dan Tata Ruang di Tolitoli (ist)


JOURNALTELEGRAF - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) RI menggelar kegiatan Strategi Nasional (Stranas) di Sandra Beach, Desa Lalos, Galang Kabupaten Tolitoli pada Sabtu 09/12/2022.


Dalam kegiatan ini tampak dukungan besar dari BPN Kabupaten Tolitoli. Hal ini terbukti dalam kegiatan ini rata-rata pencapaian target Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kabupaten Tolitoli mencapai 100 persen. 


Adapun realisasi PTSL tahun 2022 jumlah realisasi PBT mencapai 1500 bidang, SHAT 1298 bidang, K4 910. Redistribusi Tanah Pertanian mencapai 2500 bidang dan realisasi Lintas Sektor (Lintor) mencapai 124 bidang dari 150 target bidang tanah.


Dalam kesempatan tersebut, Kepala BPN tolitoli Rahab, A. Ptnh, M.A.P menyebutkan ada 3 program yang di laksanakan kantor pertanahan kabupaten Tolitoli yaitu pertama Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), kedua Redistribusi Tanah Pertanian dan ketiga Lintas sektor.


" Adapun pencapaian dari ketiga program tersebut 2 diantaranya mencapai 100 persen yaitu PTSL dan Lintas Sektor sementara program Redistribusi mencapai 75 persen dari target 3500 bidang," terang Rahab.


Kembali ia menambahkan, soal program PTSL, seluruh bidang tanah bisa didaftarkan dan bisa jadi sertifikat disebut K1. Namun menurutnya, ada juga yang tidak bisa menjadi sertifikat tanah.


 "Hal itu terkendala oleh sengketa tanah yang disebut K2 dan juga batasnya tidak clear dan ini akan kami petakan," ujarnya. 


Dijelaskan juga, berdasarkan hasil pertemuan rapat kerja di kanwil kota palu, bahwa mulai tahun depan penetapan lokasi akan melibatkan BPN, Pemerintah kabupaten, dan pemerintah Desa/Kelurahan setempat.


“ harapan kita mulai Januari penetapan lokasi mulai berjalan dengan catatan, kita tidak bisa melaksanakan program ini tanpa ada usulan desa/Kelurahan setempat untuk program PTSL dan Redistribusi, tapi kalau Lintor agak lain, karna penetapan subjek dan objeknya adalah instansi terkait ” jelasnya.


Sementara itu untuk Penerbitan sertifikat barang milik negara pengelolaannya di laksanakan oleh Kementerian keuangan melalui kantor pelayanan kas negara dan lelang.


“alhamdulillah kita sudah mencapai target 354 kemudian ditambah lagi 245 karna kita paling cepat selesai  jadi totalnya 599.,” tutupnya.



Reporter : Legitha Aswardy

Editor : Arham Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar