Ads

Minggu, 11 Desember 2022, Desember 11, 2022 WIB
Last Updated 2022-12-12T05:35:06Z
Sulawesi Tengah

Festival Budaya Dalam Semarak HUT Kabupaten Tolitoli ke-62 Diapresiasi Sejumlah Pihak



Festival budaya daerah HUT Kabupaten Tolitoli ke-62 tahun 2022


JOURNALTELEGRAF - Momentum Festival Budaya daerah serta menyambut HUT Kabupaten Tolitoli ke-62 tahun 2022 harus dijadikan upaya pelestarian dan pengembangan kebudayaan daerah sebagai salah satu khasanah kebudayaan lokal.

Kegiatan Festival budaya yang dibuka secara langsung oleh Bupati Tolitoli Amran Hi Yahya  sukses di gelar selama lima hari lamanya mulai 5 Desember -10 Desember 2022 bertempat di Pantai Gaukan Bantilan.

Dalam Momentum itu panitia pelaksana mengusung tema 'terwujudnya masyarakat yang sejahtera dan mandiri melalui pemerintahan yang amanah' di apresiasi oleh sejumlah pihak salah satunya dari Erwintoso Achmad.



Erwintoso (foto istimewa)



Erwintoso kepada media ini mengatakan, Kabupaten Tolitoli terdiri dari 3 suku asli yaitu Suku Tolitoli, Suku Dondo dan Suku Dampal (CMIIW).

“Perkenalan adat istiadat daerah merupakan hal yang sangat baik untuk generasi daerah telah dilakukan di momentum ulang tahun daerah tahun ini dan tahun-tahun sebelumnya,” kata  Erwin, Minggu (11/12/2022).

Oleh karena itu, kata dia Untuk menjaga eksistensi 3 suku asli Kabupaten Tolitoli ini, “Kami berharap di Hari Ulang Tahun Daerah ke depan, setelah tahun ini suku tolitoli di eksplore dengan sangat baik, maka di tahun selanjutnya Pemerintah Daerah juga mengeksplore suku Dondo atau pun Suku Dampal pada Festival budaya berikutnya,” harapnya.


Lanjutnya lagi, NKRI merupakan negara yang memiliki berbagai kebudayaan dari Sabang sampai Merauke salah satunya budaya lokal yang mendiami wilayah kabupaten Tolitoli. Dimana budaya tersebut merupakan peninggalan dari nenek moyang yang semestinya pasti akan diturunkan kepada generasi penerus agar budaya itu tidak punah.


“Akan tetapi, pada kenyataannya banyak generasi muda yang kurang peduli dengan budaya peninggalan nenek moyang tersebut. Sehingga perlu diadakannya sosialisasi tentang betapa pentingnya melestarikan nilai-nilai didalam suatu masyarakat agar budaya yang kita miliki ini tidak punah”, ujarnya.

“Saya mengapresiasi pemerintah daerah yang telah melaksanakan kegiatan festival budaya sebagai upaya melestarikan nilai-nilai budaya. Karena kecenderungan terjadinya pergeseran nilai-nilai budaya menuntut semua pihak untuk terlibat dalam pelestarian nilai-nilai budaya termasuk nilai-nilai budaya Nasional”, lanjutnya.


Tidak hanya itu, kegiatan festival budaya daerah Kabupaten Tolitoli dapat menjadi media untuk membangun animo generasi muda dalam menggali, mengenali dan memahami nilai-nilai budaya tradisi yang ada di Kabupaten Tolitoli yang sarat dengan kearifan dan tata nilai yang khas, serta membangkitkan rasa cinta bagi generasi muda terhadap budaya lokal.

“semoga seluruh kebudayaan lokal yang ada tetap terjaga eksistensinya di Daerah,
Selamat Ulang tahun Daerahku ke-62,”tutupnya.



Reporter : Legitha Aswardy
Editor: Ewin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar