Ads

Senin, 05 September 2022, September 05, 2022 WIB
Last Updated 2022-09-05T10:33:52Z

Gelar Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi, Ini Pesan Bupati Morut


JOURNALTELEGRAF - Bupati Morowali Dr. dr. Delis Julkarson Hehi, MARS gelar Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Derah Kabupaten Morowali Utara pada di Ruang Pola Kantor Bupati, Kamis (01/09/2022) 


Rapat koordinasi yang digelar bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah Kabupaten Morowali Utara ini dihadiri pula oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Morowali Utara Ir. Musda Guntur, MM,  Wakapolres Morowali Utara Kompol H. Amri, Perwakilan Dandim 1311 Morowali , Kacabjari Kolonodale Andreas Atmaji SH, Para Staf Khusus Bupati, Sejumlah Kepala OPD, ini merupakan hasil tindak lanjut dari Rapat Koordinasi Forkopimda Se-Indonesia yang diselenggarakan secara Virtual pada tanggal 30 Agustus 2022 kemarin. 


Dalam paparannya, Bupati Delis menjelaskan bahwa inflasi yang terjadi di beberapa Kabupaten Kota Se-Indonesia ini merupakan dampak dari perang Rusia-Ukraina yang mengakibatkan Inflasi di beberapa negara termasuk Indonesia. Maka untuk melakukan antisipasi terhadap inflasi di daerah, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam pengendaliannya.


Adapun langkah yang dilakukan yaitu dengan memberikan informasi publik yang baik kepada masyarakat agar tidak panik dalam menghadapi inflasi, mengaktifkan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), mengaktifkan Satgas Pangan, memberikan subsidi BBM secara tepat kepada masyarakat, melakukan penghematan energi seperti menghemat listrik, melakukan gerakan tanam pangan cepat panen seperi cabai,  bawang, dan lainnya sebagai upaya mencukupi ketersediaan pangan rumah tangga. 


Selain itu langkah lain seperti menjalin kerjasama antar daerah dalam bidang subtitusi komoditas pangan, mengintensifkan jaring pengaman sosial seperti Anggaran Belanja Tak Terduga (BTT), Bantuan Sosial (Bansos),  Anggaran Desa dan lain sebagainya.


Badan Pusat Statistik dan Bank Indonesia Provinsi perlu mengumumkan angka hingga Kabupaten/Kota. Serta memprioritaskan isu pengendalian inflasi dan melakukan sinergi terhadap seluruh Stakeholder seperti saat menangani Covid-19. 


"Untuk mengendalikan inflasi daerah perlu mengaktifkan Tim Penanganan Inflasi Daerah (TPID). Usulan Konkrit dalam rangka mengendalikan Inflasi Daerah di Kabupaten Morowali Utara perlu dilakukan agar Kabupaten ini tidak masuk dalam Zona Merah sebagaimana yang telah terjadi di beberapa Kabupaten/Kota di Indonesia" tegasnya.



Editor : Legitha Aswardy

Reporter : Artomo lagaronda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar