Ads

Rabu, 31 Agustus 2022, Agustus 31, 2022 WIB
Last Updated 2022-08-31T04:06:09Z
BITUNGPEMERINTAHAN

Maurits Mantiri Ingatkan Seluruh Perangkat Daerah Agar Verifikasi dan Review Anggaran Mengacu Pada Visi Misi Kepala Daerah



Foto : Pj Sekda Kota Bitung, Rudy Ignatius Theno saat membuka Kegiatan Verifikasi dan Review RKA (ist)


JOURNALTELEGRAF - Pemerintah Kota Bitung melaksanakan kegiatan Verifikasi dan Reviuw Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) SKPD tahun anggaran 2023 yang di laksanakan di Best Western The Lagoon Hotel, Manado, Selasa (30/8/2022).




Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini sangat penting dan strategis. Hal ini disampaikan oleh Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri dalam sambutannya yang dibacakan oleh Pj Sekda Kota Bitung, Rudy Theno saat membuka kegiatan yang juga diikuti oleh pejabat PPTK ini.




"Kegiatan ini kami nilai sangat strategis dan penting guna menyelaraskan perencanaan dan penganggaran  RKA-AKPD Tahun Anggaran 2023, serta memperhatikan keterkaitan antara pendanaan dengan keluaran/hasil yang diharapkan termasuk efisiensi dalam pencapaian sehingga prinsip prinsip transparasi, efisiensi, efektifitas dan akuntabilitas dapat dicapai untuk mendukung sistem penganggaran dsn lendanaan yang termuat dalam program dan kegiatan maka diperlukan perencanaan yang berbasis program prioritas yang termuat dalam RPJMD untuk me dukung program visi misi kepala daerah sampai dengan tahun 2024," ucap Walikota seperti dibacakan Pj Sekda.





Dengan demikian perangkat daerah dalam menyusun perencanaan dan pendanaan melalui program dan kegiatan untuk mencapai Bitung Kota Digital yang mana indikatornya menuediakan informasi mengenai sasaran yang dituju dalam penyelenggaraan pemerintah akan terwujud.




"Namun, di lapangan masih dijumpai kondisi dimana program atau kegiatan yang dilaksanakan tidak diikuti dengan hasil yang nyata. Pengeluaran pemerintah dan pelaksanaan program atau kegiatan tidak selalu diikuti dengan manfaat yang dirasakan oleh masyarakat. Penyebabnya karena program yang dilaksanakan tidak selaras dan mendukung pencapaian tujuan organisasi yang telah ditetapkan," jelasnya.


 




Harapannya menurut Walikota Bitung, agar pelaksanaan kegiatan Verifikasi dan Review RKA-SKPD Tahun Anggaran 2023 oleh Bappeda, BKAD dan Inspektorat dapat diikuti dengan baik dan seksama oleh semua perangkat daerah dalam rangka pemahaman bersama terkait perencanaan dan pengangharan dalam program dan kegiatan yang sesuai dengan skala prioritas serta selaras dengan biso miso kepala daerah yang dapat diimplementasikan di lingkungan Pemerintah Kota Bitung dalam penyisunan anggaran di masing masing perangkat daerah.





Reporter / Editor : Arham dila Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar