Ads

Kamis, 07 April 2022, April 07, 2022 WIB
Last Updated 2022-04-07T15:52:16Z
PEMERINTAHAN

Pelajari Sistem Pengolahan Sampah, Maurits Mantiri Kunjungi TPS3R Nitikan Yogyakarta



Foto : Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri dan rombongan mengunjungi TPS3R Nitikan Yogyakarta (ist)




JOURNALTELEGRAF - Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri bersama rombongan melakukan kunjungan kerja di sejumlah daerah di Jawa Timur dan Yogyakarta.




Hari ini, Kamis (07/04/2022) Maurits Mantiri yang didampingi Kadis DLH Kota Bitung, Merianti Dumbela dan Kadis PUPR Kota Bitung, Rudy Theno berkunjung ke Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse and Recycle atau disingkat TPS3R Nitikan yang dikelolah Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta yang berlokasi di Kampung Nitikan Kemantren, Umbulharjo.




Kunjungan ini dilakukan dalam rangka meninjau proses pengolahan akhir sampah berdasarkan prinsip 3R atau Reduce Reuse and Recycle.




Menurut Maurits, hal seperti ini juga telah dilakukan oleh DLH Kota Bitunt. Hanya saja masih banyak yang harus dibenahi, khususnya peningkatan metode saeana dan prasarana pendukung untuk pengembangannya.





"TPS3R Nitikan berdiri, yang mana awalnya hanya berupa rumah kompos untuk pengolahan sampah organik, hingga akhirnya kini bisa mengelolah sampah organik skala kota melalui pembuatan kompos, pupuk caie, eco-enzym hingga budidaya maggot," jelasnya.




 TPS3R Nitikan Yogyakarta sendiri berdasarkan pengamatan Maurits Mantiri, memiliki fasilitas bangunan kantor pengelolah, depo sampah, area pemilahan, area pengomposan serta area budidaya maggot.




"Kita akan buat seperti ini di Kota Bitung, agar kedepan pengelolaan sampah kita bisa punya efek ekonomis kepada masyarakat. Apalagi jika sampah bisa menghasilkan pupuk kompos yang dapat digunakan oleh petani kita," pungkasnya.




Turut pula memdampingi orang nomor satu di Kota Bitung itu, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Albert Sergius, Kepala Bagian Umum, Theo Rorong, Sekretaris BKAD dan 2 Staf Khusus.




Reporter/Editor : Arhamdila

Tidak ada komentar:

Posting Komentar