Ads

Rabu, 23 Maret 2022, Maret 23, 2022 WIB
Last Updated 2022-03-23T06:47:42Z
Kepulauan SangiheSangihe

KPID Sulut Gelar Bimtek Di Sangihe, Sumual Apresiasi Kehadiran Masyarakat

#bimteksangihe #penyiaran #digitalisasi
Suasana Kegiatan Pembukaan Bimtek KPID Provinsi Sulawesi Utara di Sangihe.



JOURNALTELEGRAF - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Sulawesi Utara menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Bidang Penyiaran serta Sosialisasi Digitalisasi Menuju Analog Switch Off (ASO) 2022 dan Perlindungan Usaha Investasi Penyiaran, bertempat di Aula Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Tahuna wilayah Kerja Petta, Desa Petta Timur, Kecamatan Tabukan Utara, Kabupaten Kepulauan Sangihe. Rabu,(23/3/2022).


Giat yang bertajuk 'KPID Masuk Desa' ini dibuka secara resmi oleh Asisten 1 Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Irklis Sombounaung.


"Kehadiran KPID Provinsi Sulawesi Utara dapat memberikan sumber informasi dan membuka kesempatan yang baik bagi masing-masing peserta yang mengikuti bimtek, serta memperoleh pemahaman utuh terkait hal penyiaran. Sehingga kedepan digitalisasi penyiaran di daerah kabupaten kepulauan Sangihe akan semakin mengikuti perkembangan-perkembangan," tutur Sombounaung membacakan sambutan Pemda Kabupaten Kepulauan Sangihe.


Melihat kehadiran para peserta dalam kegiatan tersebut, Ketua KPID Provinsi Sulawesi Utara, Reidi F Sumual pun mengapresiasinya, Dirinya bahkan memiliki keyakinan besar bahwa kehadiran peserta dalam kegiatan bimtek ini akan memberikan dampak pada hal penyiaran kedepan.


"Kami dari KPID Provinsi Sulawesi Utara hadir di sini, ingin menangkap masukkan-masukan dari masyarakat, apalagi di wilayah Kecamatan Tabukan Utara ini termasuk daerah terluar dan berbatasan dengan negara tetangga; siapa tau ada ide-ide menarik termasuk penyiaran, sehingga menjadi konsep pertama yang nantinya akan kami sampaikan dalam revisi undang-undang penyiaran dimulai pada minggu di muka ini," ungkapnya.


Sementara terkait tajuk kegiatan 'KPID Masuk Desa', kata Sumual memang saat ini pihak KPID Provinsi Sulut sedang menggagas dan sementara melaksanakannya.


"Saat ini bersama bidang PS2P, kami sedang menggagas untuk dapat berkolaborasi dengan lembaga-lembaga yang ada dan terkait dengan undang-undang. Dan ini kesempatan pertama di Kecamatan Tabukan Utara, Kabupaten Kepulauan Sangihe untuk kolaborasi pemberdayaan desa, antara kementerian desa dengan KPID. Titik temunya tentu, apabila ketika Bumdes nanti akan menggelar investasi disertifikasi usaha terkait penyiaran, dan regulasinya akan dikomunikasikan," jelasnya


Sumual juga menyatakan bahwa pihaknya akan terus menyuarakan terkait jaringan internet di Sangihe agar bisa sama seperti di Kota-kota lainnya.


"Sangihe dari segi jaringan internet terbilang masih kalah, sehingga dengan kehadiran kami disini, kami akan ikut menyuarakan agar jaringan internet bisa sama seperti di tingkat kota, dan masyarakat bisa lebih melek digital penyiaran," pungkasnya.


Giat KPID Masuk Desa dilanjutkan dengan pemberian materi dari narasumber kepada para peserta kegiatan bimtek. Sementara pelaksanaa kegiatan tetap memperhatikan protokol kesehatan di tengah pandemi.



Reporter/Editor : Dendy Abram



Tidak ada komentar:

Posting Komentar