Ads

Selasa, 29 Maret 2022, Maret 29, 2022 WIB
Last Updated 2022-03-30T22:41:55Z
Sangihe

Diskominfo Sangihe Gelar Sosialisasi PPID Dan PLID

#sekdasangihe
Suasana Kegiatan Sosialisasi PPID dan PLID



JOURNALTELEGRAF - Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe menggelar Sosialisasi Pembentukan dan Penetapan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) serta Pengelola Layanan Informasi dan Dokumentasi (PLID) di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe. Selasa, (29/3/2022).


Sosialisasi yang ditempatkan di Ruang Serba Guna Rumah Jabatan Bupati Kepulauan Sangihe, dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Melanchton H. Wolff. Dalam sambutan dan arahannya, Sekda mengatakan bahwa informasi merupakan kebutuhan mendasar setiap orang sebagai pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional. 


"Keterbukaan Informasi diera sekarang ini merupakan kewajiban bagi setiap badan publik sesuai dengan amanat Undang - Undang Keterbukaan Informasi Publik, dan memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia," jelas Wolff


"Tugas PPID adalah menyediakan Informasi Publik bagi pemohon Informasi, sehingga implementasi Undang - Undang Keterbukaan Informasi Publik dapat berjalan efektif dan hak - hak publik terhadap informasi yang berkualitas secara nyata dapat terpenuhi," sambungnya.


Wolff juga menyebutkan bahwa diera keterbukaan informasi seperti sekarang ini, masyarakat menjadi lebih aktif dan turut serta dalam mengawasi jalannya penyelenggaraan pemerintahan. 


"Disinilah peran PPID dan PLID dapat memberikan informasi penyelenggaran pemerintahan secara transparan dan akuntabel sesuai dengan azas pelayanan informasi antara lain, Transparansi, Akuntabilitas, Kondisional, Partisipatif, Kesamaan Hak dan Keseimbangan Hak dan Kewajiban," harapnya.


"Seluruh peserta diharapkan mengikuti sosialisasi dengan sungguh - sungguh, dan jika masih ada yang belum dipahami agar tidak segan segan bertanya kepada narasumber mengenai hal - hal yang belum dimengerti," tutupnya.


Kegiatan Sosialisasi diikuti oleh Sekretaris Kecamatan  se-kabupaten kepulauan Sangihe, Pengurus Komunikasi Informasi Masyarakat (KIM) Kecamatan Tabut, Kendahe, Tamako dan Tabteng serta Sekretaris Kampung/Kelurahan.


Reporter/Editor : Dendy Abram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar