Ads

Rabu, 16 Maret 2022, Maret 16, 2022 WIB
Last Updated 2022-03-16T08:43:50Z
Bolmut

Bulan Depan Disper Bolmut Akan Salurkan 15 Ton Bibit jagung Hibrida


Foto (Irsan) : Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Sutrisno Goma Kabupaten Bolmut


JOURNALTELEGRAF-Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan (Disper) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, terus meningkatkan produksi jagung setiap tahun. 


Selain meningkatkan produktivitas, Disper juga menyediakan bibit jagung bagi para petani. Hal ini untuk memenuhi permintaan petani yang setiap tahun semakin tinggi.


"Insya Allah kami akan menyediakan 15 ton bibit jagung hibrida tahun ini. Sebab, di tahun 2021 kemarin rata-rata hasil petani jagung telah mengalami peningkatan,"kata kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Sutrisno Goma saat ditemui Journaltelrgraf diruang kerjanya (16/3/2022).


Sutrisno mengurai, terkait upaya pemerintah daerah untuk kesejahtraan bagi para petani di Bolmut, dengan upaya peningkatan hasil panen setiap tahunnya.


"Tentu produktivitas jagung di Bolmut ini perlu ditingkatkan, karena sesuai dengan semangat masyarakat untuk bertani," tutur Sutrisno.


Tak hanya itu, Sutrisno jiga menilai, dengan adanya bibit  jagung hibrida, hal itu menurutnya dapat berpengaru terhadap hasil produksi. 




Bahkan kata dia, tahun ini Disper Bolmut akan menyediakan bibit jagung bantuan pemerintah pusat yang diperuntukkan bagi petani Bolmut.


"Sebanyak 15 ton untuk 1000 hektar lahan. Tapi kita juga tidak bisa menerima begitu saja bantuan bibit jagung, karena harus melalui prosedur," beber Sutrisno.

Nantinya bibit bantuan tersebut akan diuji kelayakan. "Namun yang paling utama harus masuk kategori ekatalog," ujarnya.


"Bibit jagung yang akan diberikan oleh pemerintah ini diperuntukan bagi masyarakat yang benar benar petani dan lahanya yang sudah siap tanam,"tutupnya.



Reporter: Irsan
Editor : Ewin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar