Ads

Rabu, 02 Februari 2022, Februari 02, 2022 WIB
Last Updated 2022-02-02T12:39:09Z
Bolmut

Praktik Ilegal Fishing Marak Terjadi, Pengawasan Di Laut Bolmut Masi Longgar


Praktik illegal fishing menggunakan bom ikan


JOURNALTELEGRAF- Praktik illegal fishing menggunakan bom ikan mulai marak terjadi di laut Bolaang Monhondow Utara (Bolmut). 

Aksi yang tidak ramah lingkungan itu mulai meresahkan warga nelayan setempat.


Warga Boroko mengaku aksi penangkapan ikan dengan menggunakan bom tersebut mulai terjadi belakangan ini, namun yang sangat disesalkan pelaku bom ikan bukan warga Kabupaten Bolmut melainkan warga daerah tetangga.



“Warga nelayan sekitar pantai Boroko sangat resah karena maraknya pengeboman ikan oleh sejumlah oknum nelayan yang mencari jalan pintas untuk memperoleh hasil tangkapan ikan yang banyak, namun dengan cara yang sangat merugikan lingkungan sekitar,” ungkap Aty warga Boroko itu.


Menurutnya, kegiatan pengeboman ikan tersebut sangat merugikan masyarakat setempat. Sebab ujar dia, selain ikan yang habis karena di bom, ekosistem terumbu karang pun ikut rusak.


"Akibatnya, untuk mendapatkan ikan dengan cara tradisional, nelayan mulai kesusahan," katanya.


Aty, sapaan akrabnya, kini berharap kepada pihak terkait dalam hal ini aparat penegak hukum untuk segera menindak para pelaku pemboman ikan tersebut.


“Saya meminta kepada pihak instansi terkait, utamanya pihak aparat penegak hukum untuk segera menindak para pelaku pemboman ikan yang selama ini telah meresahkan warga nelayan yang ada di Bolmut.” imbuhnya.


Reporter : Irsan
Editor : Ewin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar