Ads

Kamis, 10 Februari 2022, Februari 10, 2022 WIB
Last Updated 2022-02-13T04:13:57Z
PEMERINTAHANSangihe

Istimewa!! Musrenbang Kecamatan Tabteng Dihadiri Dua Pimpinan DPRD Sangihe Sekaligus

#dprdsangihe #rkpd
Ketua DPRD Sangihe, Josephus Kakondo, BAE Bersama Wakil Ketua 2, Michael Thungari, MM di Forum Musrenbang Kecamatan Tabteng.



JOURNALTELEGRAF - Pemerintah Kecamatan Tabukan Tengah (Tabteng) sebagai penerima penghargaan Terbaik Satu atas Fasilitasi Musrenbang Pemerintah Kecamatan dan Kepatuhan terhadap Surat Bupati Nomor 050/38/275 tentang Juknis Pelaksanaan Musrenbang pada tahun sebelumnya. Kini kembali menggelar Musrenbang, Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe tahun 2023, bertempat di Gedung Gereja Jemaat GMIST Soar, Desa Bungalawang. Rabu,(9/2/2022).


Kegiatan Musrenbang dibuka secara langsung oleh Camat Tabteng, Yusak Karame kemudian disusul dengan untaian kata pengantar dari Kepala Bapelitbangda, Viktor Nusalawo.


"Tentu kehadiran Kita disini bukan sekedar formalitas namun demi dan untuk membahas apa yang terbaik bagi wilayah ini. Untuk itu Saya sampaikan, selamat melaksanakan Musrenbang, kiranya Tuhan memberkati kita semua," ujar Nusalawo mengawali pembahasan.


Pada pelaksanaannya, Musrenbang Tabteng diawali dengan penyampaian laporan tentang usulan prioritas dari tiap desa se kecamatan, yang dibacakan oleh Sekretaris Kecamatan, Rudi Gunena. Dan tercatat ada 12 usulan prioritas yang disampaikan dan kemudian langsung ditanggapi oleh para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau yang mewakili dalam pertemuan itu.


Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe, Josephus Kakondo dalam penyampaiannya mengatakan bahwasanya forum Musrenbang ini merupakan sarana penampung aspirasi.


"Disini kita membedah masalah, kita mendiskusikannya dan mengevaluasi. Dan forum ini juga merupakan bagian dari mekanisme perencanaan pembangunan nasional, jadi Kita tidak sembarang, namun harus disiplin dalam penyusunan rencana kerja di tahun 2023 ini," Jelas Kakondo.


Suasana Musrenbang Kecamatan Tabukan Tengah.


Sedangkan untuk pengusulan kegiatan prioritas, Kakondo mengharapkan baiknya terfokus pada satu tujuan dari pekerjaan pembangunan yang ditargetkan.


"Dilevel kecamatan maupun kabupaten, akan ada pengukuran skala prioritas dari usulan-usulan ini. Seperti halnya usulan dari desa, nanti akan bersaing dengan 145 desa dan 22 kelurahan lainnya. Disementara anggaran yang ada sangat terbatas. Jadi Kita harus realistis menyampaikan usulan," pungkasnya.


Dengan kehadiran dari para peserta pda forum Musrenbang di wilayahnya, Camat Tabteng, Yusak Karame menghaturkan ungkapan terima kasih dan apresiasi terhadap Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe dan DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe.


"Kami selaku pemerintah kecamatan menyampaikan apresiasi terhadap pemerintah kabupaten, Pak Bupati dan jajaran. Juga kepada Pak Ketua DPRD dan Wakil Ketua 2 yang boleh hadir bersama, membuat pelaksanaan Musrenbang tahun ini terasa semakin istimewa. Kiranya apa yang dimusyawarahkan saat ini, program-program dan usulan dari desa akan dapat dibukukan dalam rencana kerja disetiap OPD untuk tahun 2023, apalagi program-program yang sangat mendesak dan prioritas," tutur Karame.


Musrenbang Kecamatan Tabteng memang terasa sangat istimewa karena dihadiri oleh dua pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Sangihe yakni Ketua DPRD, Josephus Kakondo bersama Wakil Ketua 2, Michael Thungari. Bahkan kehadiran langsung dari Kepala Bapelitbangda, Viktor Nusalawo serta beberapa Pimpinan OPD seperti Kadis Tenaga Kerja Daerah Doktarius Pangandaheng, Kadis Komunikasi dan Informatika Daerah Ziefried Harikatang, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Daerah, Rivay Mahdang, Kadis Koperasi dan UMKM, Sonny Kapal, menambah suasana kegiatan semakin berkesan. Bahkan kehadiran para Kepala Desa Se wilayah Kecamatan Tabukan Tengah membuah forum terasa lengkap.


Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Tabteng juga digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.



Reporter/Editor : Dendy Abram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar