Ads

Selasa, 01 Februari 2022, Februari 01, 2022 WIB
Last Updated 2022-02-01T15:34:49Z
BUDAYAPariwisata

DPC Mukat Kota Bitung Sukses Gelar Upacara Adat Manduru,u Tonna, Ini Harapan Jemmy Larenggang




Foto : Jemmy Larenggang, Ketua DPC Mukat Kota Bitung (Licin)


JOURNALTELEGRAF - Ratusan warga Porodisa yang tergabung dalam Musyawarah Masyarakat Talaud Kota Bitung pada acara adat Manduru,u Tonna 2022.



Kegiatan pengembangan tradisi dan budaya etnis Talaud ini dilaksanakan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Musyawarah Masyarakat Talaud (Mukat) Kota Bitung, Selasa (01/02/2022) di Kompleks Riverside, Kelurahan Manembo nembo, Kecamatan Matuari.



Foto : Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri saat menari salah satu tarian etnis Talaud bersama Syane Buisang warga keturin Talaud si Kota Bitung yang juga Kepala SMA Negeri 1 Bitung (Licin)



Upacara Adat  Manduru,u Tonna merupakan salah satu bagian dari tradisi etnis Talaud sebagai ungkapan syukur atas pergantian tahun yang lalu ke tahun yang baru.



Ketua DPC Mukat Kota Bitung, Jemmy Larenggang menjelaskan perbedaan Tulude dengan Manduru,u Tonna. Dimana menurutnya, kedua tradisi ini serupa tapi tak sama.



"Kalau Tulude itu upacara adat untuk seluruh warga Kepulauan Nusa Utara, sedangkan Manduru,u Tonna digelar khusus oleh etnis Talaud yang merupakan salah satu bagian dari kepulauan Nusa Utara itu sendiri namun berbesa sub suku," jelasnya.



Jemmy yang baru saja menahkodai DPC Mukat Kota Bitung ini juga berharap, mulai tahun depan, Manduru,u Tonna bisa masuk dalam iven tahunan Pemerintah Kota Bitung.



"Kami warga Talaud tentunya berharap Manduru,u Tonna masuk dalam iven tahunan pemerintah kota Bitung sama seperti iven iven budaya lain yang sudah terlebih dahulu dilasanakan," pungkasnya.



Sedangkan di tempat yang sama, salah satu warga keturunan Talaud di Kota Bitung, Syane Buisang mengaku bangga bisa hadir pada upacara adat Manduru,u Tonna tahun 2022.



"Ini sebuah kebanggan bagi saya sebagai warga keturunan Talaud di Kota Bitung, dimana acara ini dihadiri langsung juga oleh bapak walikota Bitung sebagai bentuk penghormatan beliau kepada etnis Talaud di kota ini," jelas Syane yang juga adalah Kepala SMA Negeri 1 Kota Bitung ini.


Kegiatan ini juga dihadiri Wakil Bupati Talaud, Moktar Arunde Parapaga, Ketua BPH Sinode Germita, Ketua Umum  dan Sekjen DPP Mukat, beserta tokoh masyarakat Talaud di Sulawesi Utara dan Kota Bitung.




Reporter/Editor : Arhamdila

Tidak ada komentar:

Posting Komentar