Ads

Sabtu, 15 Januari 2022, Januari 15, 2022 WIB
Last Updated 2022-01-15T01:24:11Z
EKONOMI & BISNIS

Dua Unit Kapal Berbandrol Rp1,9 Miliar Milik Pemkab Buol Siap Melayani Wisatawan dan Masyarakat Pesisir



Foto : Dua unit kapal fiber milik Pemkab Buol diresmikan pengoperasiannya (istimewa)




JOURNALTELEGRAF- Bupati Buol, Amirudin Rauf menghadiri sekaligus meresmikan penggunaan dua unit kapal fiber milik pemerintah Kabupaten Buol, Kamis (13/1/2022) bertempat di Galangan Kapal Kelurahan Kumaligon, Kecamatan Biau. 



Dua unit kapal ini menelan anggaran Rp1,9 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021 dan akan difungsikan sebagai kapal pengawasan dan pariwisata.



Bupati Buol, Amirudin Rauf dalam sambutannya mengatakan kapal ini nantinya akan dikelolah oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).



"Namun tentunya saat ini kita harus bisa melihat skala kebutuhan awal bagi kapal ini. Kalau melihat bentuknya dari fiber dan fasilitas yang ada sangat lengkap maka kapal ini tidak bisa diperlakukan sembarangan untuk dapat menjaga kelayakan penggunaanya," jelas Amirudin.



Sebagai kapal milik pemerintah Kabupaten Buol, menurut Amirudin nantinya kapal ini akan melayani transportasi masyarakat di pulau pesisir dan juga sebagai penunjang kerja pemerintah daerah selain pariwisata.



"Kapal ini difungsikan sebagai kapal wisata untuk mengantar tamu daerah dan juga sebagai alat transportasi antar pulau pesisir, nanti akan kita evaluasi Bumdes mana yang paling siap mengelolahnya," kata Amirudin.



Sedangkan Kadis Perhubungan Kabupaten Buol, Moh. Yamin Rahim dalam laporanya menyebutkan bahwa kapal berkapsitas 7 Gross Tonase (GT) ini nanti masing masing akan memiliki seorang nahkoda dan dua ABK.



"Untuk sementara kapal ini masih dalam pengawawan Dinas Perhubungan sebelum diseeahkan ke Bumdes sesuai syarat taknis kelayakan untuk pengelolaannya," jelas Yamin.



Untuk di ketahui bahwa dua unit kapal laut tersebut selain masing-masing berkapasitas di bawah 7 gross tonase itu dilengkapi dua mesin tempel merek Yamaha masing-masing 85 PK dan juga dilengkapi alat komunikasi.



Selanjutnya setelah dilaksanakan kegiatan penandatangana Berita Acara serah terima dari pihak penyedia kepada Dinas Perhubungan Kab. Buol, dilanjutkan dengan test drive penggunaan Kapal dengan rute rombongan Bupati dan Wakil Bupati menuju ke Pelabuhan Kelurahan Leok Satu. Proses perjalanan berjalan aman dan terkendali bahkan Kemudi Kapal juga dijalankan oleh Bupati dan Wakil Bupati.



Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Buol, Abdullah Batalipu, dan Sekretaris Daerah, Mohammadi Suprizal Jusuf.



Reporter : Supardi

Editor : Arham Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar