Ads

Jumat, 05 November 2021, November 05, 2021 WIB
Last Updated 2021-11-05T12:44:10Z
EKONOMI & BISNIS

34 Tower BTS 4G Akan Segera Dibangun di Buol


#buol #kabupatenbuol #pemdabuol


JOURNALTELEGRAF-Kabupaten Buol akan mendapat bantuan pembangunan tower sebanyak 34 titik yang tersebar di 34 desa, guna mendapatkan pemerataan layanan akses internet.


Seperti yang katakan Sekretaris Daerah Kabupaten Buol, Mohammad Suprizal Jusuf, ia mendukung program prioritas pembangunan infrastruktur BTS 4G untuk masyarakat.


"Infrastruktur BTS 4G untuk masyarakat yang bermukim di pusat dan pinggiran kota, pesisir pantai, pulau-pulau, pedalaman, lembah hingga di pegunungan," katanya saat menghadiri Rapat Koordinasi atau Desk Percepatan Penyelesaian Administrasi Pembangunan BTS 4 G di Region Sulawesi dan Maluku, di Hotel Melia, Makassar. Rabu, 03 November 2021. 



Ia menambahkan, jika Kabupaten Buol termasuk salah satu kabupaten yang tercepat dalam proses penyelesaian dokumen - dokumen terkait pembangunan BTS 4G.

Diakui Suprizal, salah satu strategi yang dipakai adalah penyediaan BTS untuk mengurangi kesenjangan telekomunikasi di daerah Buol.


"Sesuai dengan program Nawacita yang telah dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah, terutama daerah perkampungan atau desa di seluruh wilayah Provinsi,” jelasnya.


Menurut Suprizal, pembangunan infrastruktur telekomunikasi tidak hanya mempermudah pemerataan pelayanan, akan tetapi dapat mengejar ketertinggalan cakupan sinyal telepon seluler dan internet.

“Dengan adanya penyediaan BTS di wilayah blankspot di Kabupaten Buol, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan pentingnya akses telekomunikasi dan informasi," ujarnya.

Apalagi kata dia, ditengah pandemi Covid-19 yang sedang menimpa negara Indonesia, pentingnya akses telekomunikasi baik untuk media pembelajaran anak-anak sekolah, layanan kesehatan masyarakat, dan penguatan ekonomi mikro berbasis digital.




“Rapat koordinasi kita hari ini tidak saja untuk menentukan titik lokasi pembangunan BTS (berikutnya), tetapi juga menjadi acuan pengembangan tata ruang dan pembangunan daerah kita ke depanya ” ujarnya 

" In syaa Allah, permasalahan - permasalahan jaringan di Buol akan berakhir, setelah selesai pembangunan 34 BTS 4.0 di Buol oleh Kementrian Kominfo & PT. BAKTI beserta pihak Konsorsium, yang tinggal 12 BTS lagi di awal tahun mendatang," imbuhnya.



Sementara itu, Kepala Diskominfo Buol  Mansyur Hentu, mengatakan dari 34 BTS tersebut untuk Tahun 2021 ini sudah terdapat 22 BTS 4G yang telah dibangun, dan 12 BTS sisanya akan dilaksanakan pada awal tahun 2022.


"Keberadaan layanan BTS 4G saat ini dapat menjadi acuan bagi pemerintah daerah dalam pengembangan tata ruang dan pembangunan daerah," katanya.




Turut hadir Baktiasi Kominfo dalam Rapat Koordinasi tersebut diantaranya direktur infrastruktur, Kepa la divisi latsmile, kepala divisi layanan TI untuk pemerintah dan masyarakat, Konsorsium Fiberhome, PMO BTS Latsmile, serta para tim konsultan.(*)
 


Reporter : Syabru
Editor : Ewin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar