Ads

Jumat, 05 November 2021, November 05, 2021 WIB
Last Updated 2021-11-05T21:19:34Z
MANADO

AJI Manado Gelar Pembekalan Bagi Calon Anggota



#AJImanado #aliansijurnalisindependen #wartawan #kotamanado



JOURNALTELEGRAF-Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado mengadakan pembekalan bagi calon anggota AJI, yang dilaksanakan di Kantor Komisi Yudisial Sulawesi Utara (Sulut), Jumat (5/11/2021) sore.


Kegiatan ini, merupakan tahapan bagi calon anggota AJI untuk mengenal organisasi AJI lebih jauh.


Materi pembekalan dibawah langsung oleh Fransiskus Marcelino Talokon Ketua AJI Manado, dalam pemaparannya, ia menjelaskan sejarah terbentuknya AJI hingga etik dalam AJI itu sendiri.


"Seleksi anggota AJI sangat ketat, ada yang sementara proses calon, akan tetapi dinyatakan gugur (belum layak), ada yang sudah menjadi anggota namun bisa saja dikeluarkan dari anggota AJI," ungkapnya.





Talokon juga menambahkan, dalam AJI sendiri, semua penilaian bagi anggota dilihat dari tingkah laku para jurnalis, seperti bijak dalam bersosmed, tidak boleh terlibat dalam politik. 


Meskipun kata dia, hanya berfoto dengan pejabat, seperti berfose dengan simbol-simbol jari, yang identik dengan memberi dukungan, "Semuanya berkaitan langsung dengan etik di AJI," tegasnya.


Tak main-main, dalam proses rekrutmen anggota pun dilakukan selama enam bulan, apakah calon anggota dinyatakan layak atau tidak.


Akan tetapi tahun 2021 ini, proses rekrutmen anggota dipersingkat menjadi tiga bulan. Meski begitu, Talokon terus memberi dorongan agar para calon anggota AJI tetap semangat dalam berproses.


"Proses penilaian sudah dimulai sejak awal pendaftaran, salah satunya karya karya jurnalis yang dikirim di google form dan proses interview yang sudah dilakukan," ujarnya.


Reporter/ Editor: Ewin














Tidak ada komentar:

Posting Komentar