Ads

Jumat, 01 Oktober 2021, Oktober 01, 2021 WIB
Last Updated 2021-10-01T11:02:48Z
Morowali utaramorut

WOW, Pemda Morut Luncurkan SIDITA, Aplikasi Pariwasa Digital




JOURNALTELEGRAF- Bersiap siap para pelancong tanah air khususnya di Sulawesi, saat inu Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Morowali Utara (Morut) luncurkan aplikasi SIDITA Aplikasi sistem informasi digital pariwisata,


Tujuan dari aplikasi berbasis digita ini mempermudah masyarakat dan wisatawan untuk mendapatkan informasi tentang objek wisata di Morowali Utara.


SIDITA sendiri secara resmi dilaunching penggunaannya oleh Wakil Bupati Morut H. Djira K. SPd, MPd, di Puncak Bougenville Kolonodale, Jumat (1/10/2021).


Bahkan, Djira merasa bangga atas terobosan yang dibuat dalam rangka pengembangan sektor pariwisata, terutama untuk mempermudah masyarakat mendapatkan akses informasi terkait destinasi wisata yang menarik.


"Aplikasi seperti ini memang sangat dibutuhkan seirama dengan era digitalisasi seperti sekarang ini," kata Djira.


Nantinya aplikasi ini juga harus diisi dan dikelola dengan serius dan profesional. Informasi dan kontennya harus menarik agar para wisatawan tertarik datang ke Morut.


"Jangan sampai orang kecewa setelah mengakses aplikasi ini. Jadi isinya harus lengkap dan menarik," kata Wabup.


 Selain itu Djira mengingatkan agar semua pihak yang terlibat tidak malu-malu belajar dari daerah lain yang sudah maju dan berkembang.


Ia memberi contoh, Teluk Tomori terkenal memiliki destinasi wisata yang menarik. Tetapi kalau tidak dikelola dengan baik, juga tak ada gunanya.


"Kira berharap jika objek wisata berkembang, tentu akan menguntungkan para pelaku wisata dan masyarakat sekitar," ungkapnya.


Menurutnya, hal yang perlu pula dilengkapi adalah adanya payung hukum pengelolaan kepariwisataan seperti peraturan daerah (perda), peraturan bupati (perbup) dan aturan pelaksanaan lainnya.


Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Morowali Utara, Alfred Rizal Tompira, SPd, MPd, melaporkan dengan adanya aplikasi SIDITA.


Aplikasi ini diharapkan agar masyarakat atau wisatawan akan mudah menemukan dan mendapatkan informasi secara luas  mengenai kepariwisataan di Morut.


"Fitur di aplikasi ini akan mempermudah akses pencarian data dan mengenal destinasi wisata. Aplikasi ini dapat pula diunduh melalui HP Android di play store," pungkasnya.





Reporter : Arthomo Lagaronda

Editor : Ewin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar