Ads

Selasa, 19 Oktober 2021, Oktober 19, 2021 WIB
Last Updated 2021-10-19T11:33:54Z
Morowali utaramorut

Jagung Bakal Jadi Komoditas Unggulan di Morowali Utara


foto istimewa


JOURNALTELEGRAF-Pemerintah Kabupaten Morowali Utara (Morut) Sulawesi Tengah, akan menetapkan tanaman jagung sebagai komoditas unggulan untuk membantu peningkatan perekonomian di sektor pertanian.

Bupati Morowali Utara, Delis Julkarson Hehi mengatakan langkah awal upaya optimalisasi jagung tersebut dilakukan dengan menata wilayah komoditas unggulan terlebih dulu.

"Jagung bakal jadi komoditas unggulan di Morowali Utara," tuturnya, dilansir dari Antara, Rabu, 13 Oktober 2021.

Hampir semua daerah di Morut kata Delis, berpotensi untuk meningkatkan kinerja pertanian, meski masing-masing wilayah memiliki komoditas unggulan yang berbeda.

"Pengembangan komoditas ini mendapatkan dukungan dari Kementerian Pertanian karena komoditas unggulan untuk pertanian dan perkebunan di Morowali Utara adalah sawit, karet, jagung dan nilam," katanya.


"Untuk itu, saat ini sedang dilakukan penataan wilayah komoditas di Morowali Utara bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor, sehingga belum ada penetapan komoditas unggulan di masing-masing wilayah kecamatan," tambahnya.

"Morowali Utara dikenal dengan tambang dan nikel tetapi kami tidak ingin dikenal dengan itu saja karena tidak semua masyarakat bisa merasakan aliran dana dari pertambangan itu," kata Delis.

Selain itu, Delis juga memastikan pemerintah kabupaten pada 2021 akan fokus pada sektor pertanian, perikanan dan peternakan di semua wilayah Kabupaten Morowali Utara dengan melibatkan masyarakat dalam jumlah besar.

Pada tahap awal, pemerintah setempat telah mengembangkan 1.500 hektare lahan jagung untuk sektor pertanian. Sedangkan, untuk sektor peternakan, nantinya pemerintah akan mengundang investasi untuk pabrik pakan mengingat kebutuhan daging yang cukup besar.

"Kalau pertanian yang kami kembangkan adalah nilam dan jagung, kami sudah membicarakan dengan staf Menteri Pertanian untuk potensi jagung di seluruh wilayah," katanya.


Reporter : Arthomo Lagaronda
Editor : Ewin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar