Ads

Sabtu, 30 Oktober 2021, Oktober 30, 2021 WIB
Last Updated 2021-11-03T15:20:03Z
DPRD Kab TolitoliJemi Yusufpartai golkar

DPRD Tolitoli Dorong Optimalisasi KUR Untuk UMKM

#pemkabtolitoli #tolitolisulteng #pemdatolitoli #ekonomi #bisnis


JOURNALTELEGRAF - Tolitoli Lawyer Club (TLC) Dibawah Ketua Usman Ali, untuk kesekian kalinya melaksanakan Diskusi Publik. Bertempat di markas TLC Jalan Moh. Bantilan, Kelurahan Baru, Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli. Pada Sabtu (30/10/2021).


Dalam kegiatan kali ini, TLC mengusung tema 'Penciptaan 1000 UMKM melalui kredit usaha rakyat (KUR)' yang dihadiri perwakilan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tolitoli, dalam hal ini Wakil Ketua I Jemi Yusuf serta perwakilan Perbankan, OPD terkait dan Asosiasi UMKM Kabupaten Tolitoli.

Jemi Yusuf kepada forum mengungkapkan, langkah awalnya untuk mendorong OJK membentuk tim akselerasi percepatan keuangan daerah sebagai salah satu bentuk keseriusan.


“ Pembentukan Tim akselerasi percepatan keuangan daerah merupakan solusi pembiayaan untuk masyarakat kita. Yang seharusnya diambil alih oleh pemerintah Daerah,” ungkap Jemi.


Dalam pertemuan beberapa waktu lalu, Jum'at (21/05/2021), Pimpinan DPRD dan Anggota Komisi II DPRD Tolitoli sudah melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke OJK Sulawesi Tengah untuk mendapatkan solusi kongkrit terkait peningkatan Kredit Usaha Rakyat di kabupaten Tolitoli.


Adapun maksud dari kunjungan itu, untuk mendorong peningkatan kredit usaha rakyat (KUR) disektor pertanian, peternakan,perikanan dan pelaku usaha UMKM di kabupaten Tolitoli.


Menurut Politisi Partai Golkar itu, ada beberapa poin penting yang menjadi masukan OJK kepada pemerintah mengenai peminjaman. Utamanya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi.


“kita dapat masukan bahwa sebenarnya banyak point – point penting yang bisa di lakukan pemerintah sebelum melakukan peminjaman,” Ucapnya.

Lebih lanjut kata dia, DPRD Kabupaten Tolitoli akan mendorong semua produk perbankan dan obligasi pasar modal komoditas, selama dapat memberikan pembiayaan untuk sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan serta pelaku usaha UMKM.


“Kami DPRD akan tetap mendorong karena masyarakat dapat pembiayaan murah dan fleksibel sebagai upaya untuk melakukan pemulihan ekonomi dimasa pandemi Covid-19,” beber wakil ketua I DPRD Kabupaten Tolitoli.


Terakhir Jemi berharap kepada masyarakat kabupaten Tolitoli untuk mendorong Visi dan Misi Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli maupun pemerintah Provinsi.


“Mari kita mendorong visi dan misi bapak gubernur sulteng Rusdi Mastura untuk meningkatkan KUR bagi pelaku UMKM dan sektor pertanian (petani, peternak, pekebun, nelayan) serta mewujudkan visi dan misi bupati tolitoli bapak Amran H. Yahya untuk mewujudkan 1000 pelaku umkm/koperasi agar ekonomi daerah kita dapat bergerak, sebagai upaya Pemulihan Ekonomi Nasional/Daerah (PEN),” tutupnya.




Editor/Reporter : Legitha Aswardy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar