Ads

Selasa, 31 Agustus 2021, Agustus 31, 2021 WIB
Last Updated 2021-08-31T05:44:57Z
Sulawesi Tengah

TNI-AL Palu Bantu Korban Bencana Di kabupaten Sigi Biromaru

 


JOURNALTELEGRAF - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL) Palu, membantu kebutuhan air bersih bagi warga terdampak bencana alam banjir bandang di Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana alam tersebut. 


"Kami Pangkalan TNI Angkatan Laut Palu bersama Korem 132 Tadulako, Kodim dan Koramil dan Pemerintah Desa Rogo, membantu kebutuhan air bersih warga yang terdampak banjir," ucap Komandan Pangkalan TNI AL Palu Kolonel Marinir Marthin Luther Ginting, M. Tr. Hanla di Sigi, Senin.


Banjir bandang disertai lumpur dan material kayu melanda Desa Rogo, Kabupaten Sigi pada Minggu malam (29/8/2021).


Kolonel Marinir Marthin Luther Ginting mengatakan, " bahwa warga yang kesulitan air bersih dapat memanfaatkan air bersih yang disuplai oleh Pangkalan TNI AL Palu, untuk kebutuhan konsumtif, mandi dan sebagainya


"Kami menyuplai air bersih ke lokasi untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana alam banjir bandang," ucap Kolonel Marinir Marthin Luther.


"Satu mobil tangki berkapasitas 5.000 liter disiapkan untuk menyuplai air bersih ke warga di Desa Rogo," kata Marthin Luther Ginting.


Sementara itu untuk bantuan Logistik Lanal Palu memberikan bantuan sekitar 50 Karung beras ukuran 5 Liter, Mie instan 50 Dos dan Air Mineral 50 Dos untuk warga yang terdampak. 


Pasokan air bersih, sebut dia, akan disuplai setiap saat kepada warga dalam proses pemulihan pascabencana alam banjir bandang itu


"Saat ini kami membawa sendiri dari pangkalan menggunakan mobil tangki tersebut, jika nanti airnya habis, maka kami akan mencari titik bersih untuk diambil, dan disuplai ke warga," ujarnya.




Selain air bersih, Pangkalan TNI-AL Palu juga menurunkan puluhan anggota untuk membantu warga dan pemerintah Desa Rogo, demi percepatan pemulihan penyintas, serta juga menyuplai kebutuhan pangan yang diberikan ke dapur umum


"Dapur umum dan kebutuhan logistiknya disediakan oleh para ibu-ibu Jalasenastri dan Kowal," ungkap Danlanal.


Hadir dalam kegiatan tersebut , Palaksa Lanal Palu Letkol Laut (PM) Priyo Yudono, S.H., M.M., Paspotmar Lanal Palu Mayor Laut (E) Ponco Arief W., Pasprogar Lanal Palu Mayor Laut (S/W) Welly Tadale., BK Lanal Palu dr. Wira A. Serta personel Lanal Palu





Editor - Legitha Aswardy

Reporter - Pramudita-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar