Ads

Kamis, 05 Agustus 2021, Agustus 05, 2021 WIB
Last Updated 2021-08-05T11:43:00Z
kabupaten tolitoliLANAL TolitoliMasyarakat Peduli Lingkungan

Peduli Lingkungan, Lanal Tolitoli Tanam ratusan Mangrove

 



JOURNALTELEGRAF -  Pangkalan TNI AL (Lanal) Tolitoli melaksanakan penanaman Mangrove di Pantai Desa Bajugan, Kecamatan Galang, Kabupaten Tolitoli. Pada Kamis (05/08/2021).



Komandan Lanal (Danlanal) Tolitoli, Letkol Laut ( P ) Hariono SH, (M.tr. Hanla) mengatakan, penanaman ratusan batang pohon mangrove yang dilaksanakan tersebut dalam mendukung program pemerintah dalam pelestarian dan peremajaan kembali hutan mangrove di wilayah pesisir dan pulau-pulau, serta mewujudkan pemberdayaan wilayah pertahanan laut dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.



“ Kegiatan ini dilaksanakan secara bersama-sama dengan pemerintah daerah, instansi maritim, organisasi kepemudaan, mahasiswa dan pelajar di kabupaten Tolitoli,”  ujar Komandan Lanal Tolitoli


 


“Kegiatan yang kita laksanakan ini sebagai bentuk kepedulian dalam pelestarian lingkungan serta kontribusi positif yang berorientasi pada pemberdayaan lingkungan, salah satunya penanaman bakau atau yang sering disebut juga mangrove,” sambungnya.


letkol Hariono saat mengungkapkan, ekosistem mangrove sangat penting di kawasan pesisir. Karena dapat mencegah abrasi dan erosi, serta dapat mengurangi pemanasan global sekaligus menjaga kualitas air dan udara yang bersih.





Keberadaan lahan mangrove memegang peranan dalam upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim. Dengan kemampuan menyimpan karbon 3-5 kali lebih banyak dari pohon tropis. Pohon mangrove mempunyai sistem perakaran yang sangat kuat sehingga mampu meredam energi gelombang laut yang terjadi serta dapat menyerap kotoran.



“Manfaat hutan mangrove bagi kehidupan dapat menyerap semua jenis logam berbahaya dan kotoran yang berasal dari sampah manusia maupun kapal yang berlayar di laut dan membuat kualitas air menjadi lebih bersih serta memperbaiki lahan di wilayah kawasan pesisir yang rusak agar hijau kembali,” terangnya.



Penanaman Mangrove yang dipimpin langsung Danlanal ini dihadiri Ketua Jalasenastri Cabang 6 Korcab VIII DJA II Lanal Tolitoli Ny. Eris Hariono,Pgs. Paspotmar Lanal Tolitoli Lettu laut (K) Achmad Syaifudin A.md,Kadus Bonto Buaya Bapak. Anwar, Pgs. Paspotmar Lanal Tolitoli Lettu laut (K) Achmad Syaifudin A.md, Pegiat Bank Sampah Mandiri Tolitoli, Dosen Pembimping Madako, Anshari S.T M.pd, Babinpotmar Lanal Tolitoli Serda Ttu AcK Simanjuntak, Prajurit Lanal Tolitoli, Dosen Pembimping Madako, Anshari S.T M.pd, Babinpotmar Lanal Tolitoli Serda Ttu AcK Simanjuntak, Prajurit Lanal Tolitoli, Ibu - ibu Jalasenastri dan Mahasiswa Universitas Madako Tolitoli.




Editor | reporter : Legitha Aswardy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar