Ads

Selasa, 17 Agustus 2021, Agustus 17, 2021 WIB
Last Updated 2021-08-17T14:13:16Z
HUT RI 76kabupaten tolitoliLANAL TolitoliSulawesi Tengah

HUT RI Ke-76, Lanal Tolitoli Laksanakan Pengibaran Bendera Di Bawah Laut

 


JOURNALTELEGRAF - Pangkalan TNI Angkatan Laut menggelar pengibaran bendera merah putih di kedalaman 15 meter di bawah laut, Perairan Lalos, Kecamatan Galang, Kabupaten Tolitoli Senin 17 Agustus 2021. Ini dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-76.

 

Ikut serta dalam upacara bawah laut, Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Tolitoli, Forum Komunikasi Kepala Daerah (Forkopimda) Tolitoli, Polres Tolitoli, Kodim 1305 Buol Tolitoli, Badan SAR Nasional (Basarnas) Tolitoli, Boki Dive, KSOP Tolitoli, PT. Pelni, PT. Pelindo, PT. Pertamina, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tolitoli, Bank Sampah Tolitoli Mandiri dan Tolitoli Diving Club.

 




Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Komandan Lanal (Danlanal) Tolitoli Letkol Laut (P) Hariono, S.H, (M.tr.Hanla), sementera Komandan Upacara dipimpin Prajurit Lanal Syaifudin selanjutnya diserahkan kepada petugas pengibar bendera.


Kemudian peserta upacara memasuki tempat upacara dengan menyelam memasuki air untuk mengibarkan bendera Merah Putih, setelah usai mengibarkan bendera Merah Putih dibawa laut, para penyelam naik ke darat.




Dalam sambutannya, Bupati Kabupaten Tolitoli Amran Hi Yahya mengatakan, kegiatan ini dalam rangka memperingati kemerdekaan RI ke-75, dan merupakan kegiatan yg pertama kali dilaksanakan di kabupaten Tolitoli.



“Hari ini dilaksanakan di pantai Batu Bangga Desa Lalos dan ini adalah kali pertamanya di laksanakan. Mudah-mudahan akan ada Rahmat untuk kabupaten Tolitoli kedepannya yang lebih baik. Mari kita ekspose bersama-sama dan insyaallah Tolitoli bisa maju dan rakyat juga bisa menikmati,” kata Bupati Tolitoli Amran Hi Yahya.




Sementara itu, Danlanal Tolitoli, Letkol Laut (P) Hariono, SH,(M.tr.hanla) dalam sambutannya mengatakan, pagi ini kita dapat berkumpul di upacara pengibaran bendera bawah laut untuk memperingati kemerdekaan RI ke 76.



“Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung suksesnya kegiatan ini, guna memperingati HUT  RI 76 di luar batas kewajaran dengan melakukan penyelaman dibawah laut,” kata Danlanal Tolitoli Letkol Laut (P) Hariono.



Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Fuel Terminal Manager beserta jajaran selaku tuan rumah atas dukungan tenaga dukungan pemikiran, sehingga kegiatan menyongsong peringatan HUT RI ini dalam bentuk pengibaran upacara bendera di bawah laut dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar tanpa masalah yang berarti.



“Kegiatan Upacara pengibaran bendera di bawah laut ini merupakan kegiatan pertama kalinya yang dilaksanakan di kabupaten Tolitoli. Ini adalah bentuk menumbuhkan rasa nasionalisme kita kepada NKRI dan Juga memperkenalkan destinasi wisata bawah laut agar dikenal lebih luas lagi hingga ke mancanegara,” ucapnya.



Menurut dia, biasanya pengibaran bendera dilaksanakan di darat, namun untuk tahun ini kita adakan di bawah laut



“Tujuannya, disamping kita mengobarkan semangat nasionalisme warga kabupaten Tolitoli dan khususnya generasi muda di Kabupaten Tolitoli, Lanal ingin mengajak warga untuk mencintai maritim,” tuturnya.



"Seluruh rangkaian kegiatan ini adalah bentuk sinergitas antara TNI, Polri, Pemerintah dan masyarakat dalam memerangi Covid - 19," kata Danlanal Tolitoli Letkol Laut (P) Hariono, disela-sela acara.



Menurut Danlanal, selain guna memelihara nasionalisme akan cinta tanah air, kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan pesan bagi seluruh masyarakat Indonesia di tengah pandemi Covid-19.


 

“Melalui tema 'Dengan semangat kemerdekaan, bersama lawan pandemi Covid-19 dan patuhi protokol kesehatan'. Ini artinya kami memiliki harapan besar bahwa kasus Covid-19 yang terjadi di Indonesia khususnya di kabupaten Tolitoli dapat turun bahkan hilang sama sekali,” tutupnya.





Editor | Reporter : Legitha Aswardy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar