Ads

Selasa, 29 Juni 2021, Juni 29, 2021 WIB
Last Updated 2021-06-29T08:11:59Z
Sulsel

Training of Trainer LPM UNM Sukses Digelar



JOURNALTELEGRAF-Lembaga Penelitian Mahasiasawa (LPM) Penalaran Universitas Negri Makassar (UNM) sukses melaksanakan kegiatan Training of Trainer (TOT) tahun 2021.



Sebanyak19 peserta dinyatakan lulus, berbagai rangkaian pun telah dilaksanakan selama 3 hari sejak tanggal 25 - 27 Juni 2021di Aula Bumi Perkemahan H.M Yasin Limpo Pebentengan, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.


Tujuh materi pelatihan dalam TOT yang disajikan diantaranya, Dasar-dasar dan peran fasilitator, Analisis Kebutuhan, Kerangka Umum Rancangan Pelatihan, Metode Desain Pelatihan, Teknik Penyusunan Silabus dan Kisi-kisi, Teknik Pemecahan Masalah dan Menjadi Fasilitator Penalaran.


Tak hanya itu, pelatihan pun disusul dengan penugasan setelah materi yang bersifat berkelanjutan. 



Menurut Ririn selaku panitia, hasil dari penugasan yang berkelanjutan itu, akan dipresentasikan di akhir pelatihan pada agenda rancangan kegiatan.



"Sebanyak 4 kelompok mempresentasikan kegiatan yang telah dirangkai selama kegiatan," ucap Ririn, Senin (28/6/2021)



Ririn menambahkan, rancangan kegiatan yang dipresentasikan yaitu pelatihan Daring manajemen referensi mendeley, Eduwisata: pelatihan pengembangan taman wisata di Maccini Sombala, Pelatihan karya tulis ilmiah dan Explore your public speaking skills, show your quality. 



"Kemudian rancangan kegiatan yang dipaparkan akan ditanggapi langsung oleh alumni dan anggota LPM Penalaran UNM," katanya.



Sementara, Arham selaku Ketua Panitia mengatakan sampai pada tahap penutupan pelatihan, terdapat 19 peserta yang masih bertahan. 



Diakui Arham, nantinya ilmu yang telah didapatkan peserta hasil dari tahap pelatihan akan diimplementasikan kepada masyarakat sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya.



Di tempat yang sama, Ketua Umum LPM Penalaran UNM Nopri Hidayat nampak memberikan semangat bagi peserta untuk menyelesaikan sampai tahapan akhir.



Memurutnya agar kedepan banyak fasilitator yang memberikan konstribusi baik ke LPM Penalaran UNM.




Rangkaian kegiatan kemudian secara resmi ditutup pada hari Minggu, 27 Juni 2021 oleh salah satu Pendamping LPM Penalaran UNM  Andi Hilda Susilawati, S.Psi.



"Semoga peserta yang mengikuti Training of Trainer bisa menjadi fasilitator yang handal," kata dia.



"Training of Trainer ini sangat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Semoga kegiatan ini berjalan lancar sampai tahap seminar hasil implementasi," tandasnya.





Reporter: Irma Lestari

Editor : Ewin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar