Ads

Selasa, 29 Juni 2021, Juni 29, 2021 WIB
Last Updated 2021-06-29T08:37:30Z
Papua

Temu Seniman dan Senimawati Se-Kabupaten Boven Digoel

 

Rangkaian kegiatan yang diselenggarakan di Aula Kantor Bupati Kabupaten Boven Digoel   


JOURNALTELEGRAF-Guna memotivasi dan mendorong masyarakat agar sadar mau merawat dan melestarikan seni dan budaya di Papua khususnya Boven Digoel, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Boven Digoel gelar temu seniman seniwati dalam rangka Festival Musik Rakyat Boven Digoel 2021.


Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Kantor Bupati Kabupaten Boven Digoel ini turut dihadiri oleh seniman seniwati se-Kabuapten Boven Digoel.


Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Boven Digoel Oliva Koneng mengatakan, didalam budaya masyarakat adat, seni merupakan sarana untuk menyampakan pesan atau amanah para leluhur sehingga, seni terkadang mengandung nilai-nilai magis atau sakral dan mengandung pesan-pesan moral yang di turunkan secara turun-temurun baik secara pribadi, marga maupun suku bangsa.


"Dalam pembangunan dan kemajuan suatu daerah kita perlu mengedepankan serta beralaskan pada pesan-pesan leluhur kita, dan pesan-pesan leluhur hanya dapat kita temukan didalam budaya, serta kita dapat lantunkan melalui kesenian," kata Oliva, Sabtu (26/6/2021).


Menurutnya, hasil karya dari para seniman dan seniwati yang tidak bertolak belakang dengan undang-undang dapat diprogramkan untuk dapat dukungan pemerintah, sehingga kata dia, seni dapat dipertahakan dan berlangsung dari generasi ke generasi atau dari masa ke masa.


"Bila kita tidak menjaga dan melestarikan karya, maka hasil karya seni dan budaya suatu saat akan hilang, musnah atau di caplok oleh orang lain," ucapnya.


Tak hanya itu, dirinya juga mengajak kepada seluruh seniman seniwati agar bergandeng tangan menata masa depan Boven Digoel dengan tetap beralaskan pesan-pesan leluhur.


"Kita menyampaikan, mengekspresikan angan-angan, menampilkan daya dan karya cipta kita, tentang diri, masyarakat, panorama, masa depan pembangunan kabupaten, dusun-dusun dan tentang situasi kehidupan kita.


"Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar menjaga seluruh warisan leluhur sebelun menyesal dikarenakan sudah mengabaikannya, jangan sampai suatu saat kita cuma lantas menjadi pemirsa dari seni atau budaya itu sendiri," kata Oliva.


Reporter : Thedy

Editor : Ewin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar