Ads

Sabtu, 12 Juni 2021, Juni 12, 2021 WIB
Last Updated 2021-06-12T15:25:39Z
Hari laut Seduniakabupaten tolitoliLANAL TolitoliSulawesi Tengah

Peringati Hari Laut Sedunia Ke-13 Tahun 2021, Danlanal Tolitoli : Laut Masa Depan Bangsa

Foto : Danlanal Tolitoli
 Letkol Laut (P) Hariono, S.H., M (Tr.Hanla).

JOURNALTELEGRAF - Dalam rangka memperingati Hari Laut Sedunia Ke-13 Tahun 2021, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tolitoli melaksanakan bakti sosial pembersihan sampah di Pantai Pulau Lutungan, Kelurahan Baru, Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli. Pada Sabtu (12/06/2021). 


Bakti sosial tersebut dipimpin langsung Komandan Lanal Tolitoli Letkol Laut (P) Hariono, S.H M.(Tr.Hanla.,) dan diikuti oleh Seluruh Perwira staf serta Prajurit Lanal Tolitoli juga instansi vertikal bersama Mahasiswa Fisip Universitas Madako Tolitoli dan Trash Hero Tolitoli.



Foto : Danlanal Tolitoli
 saat memberikan arahan.

Ditemui di sela-sela kegiatanya, Komandan Lanal Tolitoli mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian prajurit TNI AL, dalam hal ini Lanal Tolitoli terhadap kebersihan laut dengan tujuan menjaga lingkungan pantai, melestarikan ekosistem pesisir dan keanekaragaman hayati.


 “ Mari kita bersama-sama membersihkan laut dari sampah-sampah plastik supaya laut ini menjadi harapan kita bersama. Artinya, laut banyak sumber yang bisa kita manfaatkan,untuk masa depan bangsa dan anak cucu kita nantinya,” kata Letkol Laut (P) Hariono saat ditemui awak media journaltelegraf.com,. Sabtu (12/06/2021). 




Menurut Komandan Lanal bahwa kegiatan ini juga untuk mendukung program Pemerintah Daerah Tolitoli guna menunjang pariwisata dalam bidang wisata bahari dan kemaritiman.


“ Dalam waktu dekat ini kami Lanal Tolitoli akan mencanangkan program "Kampung Bahari Nusantara" artinya untuk edukasi masyarakat nelayan supaya mereka bisa beradaptasi dan hidup dengan laut, sehingga dapat mengolah rumput laut serta membudidayakan keramba ikan dengan baik dan benar,” terangnya.


Lebih lanjut, dengan akan dicanangkan program “Kampung Bahari Nusantara,” pada bulan Juli bisa meningkatkan income keluarga dan pemulihan ekonomi.


“ Jadi dengan program tersebut masyarakat bisa lebih mandiri. Jadi, tidak ada ketergantungan kepada pemerintah daerah atau bantuan dari instansi yang lain,” jelas Danlanal Tolitoli.



Danlanal juga berharap, dengan adanya kegiatan bersih – bersih pantai ini akan bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya dan dapat menjadi contoh bagi masyarakat untuk menjaga lingkungan maritim dan kebersihan pantainya.


“ Mari kita semua melestarikan dan tetap menjaga kebersihan laut demi kelangsungan kehidupan biota laut, kegiatan ini mari kita jadikan contoh bagi masyarakat agar tetap menjaga kebersihan laut dan lingkungan pantai,” pungkasnya.


Reporter/Editor : Legitha Aswardy


Tidak ada komentar:

Posting Komentar