Ads

Sabtu, 12 Juni 2021, Juni 12, 2021 WIB
Last Updated 2021-06-12T08:56:48Z
Dinas PerikananHari laut Seduniakabupaten tolitoliSulawesi Tengah

Hari Laut Sedunia. Fuad Alatas : Hindari Kegiatan Ilegal fishing Dan Destructive Fishing Agar Laut Kita Tetap Terjaga

Foto : Kasi Pengembangan Budidaya Perikanan yang juga sebagai Pengawas Perikanan Kabupaten Tolitoli, Fuad Alatas S.E.,MM., (Kiri) bersama Danlanal Tolitoli Letkol Laut (P) Hariono, S.H.,M(Tr.Hanla) (kanan)


JOURNALTELEGRAF - Setiap 8 Juni diperingati sebagai Hari Laut Sedunia. Pada 2021, peringatan Hari Laut Sedunia jatuh pada hari Selasa.


Saat ini di dunia tengah memperingati hari laut internasional dengan tema The Ocean: Life and Livelihoods atau Laut: Hidup dan Mata Pencaharian.


Pada momentum Hari Laut Sedunia ini Dinas Perikanan Kabupaten Tolitoli kembali mengingatkan masyarakat Tolitoli untuk tidak membuang sampah ke laut (termasuk ke sungai).

 

Dinas Perikanan melalui Kasi Pengembangan Budidaya Perikanan yang juga sebagai Pengawas Perikanan Kabupaten Tolitoli, Fuad Alatas S.E.,MM., mengatakan, semua pihak harus menjaga kelestarian laut dan seluruh isi yang terkandung di dalamnya. 


“ Melalui moment hari laut sedunia mari mulai saat ini bersama sama kita buang kebiasan buruk membuang sampah sembarangan apalagi sampah plastik yang sulit terurai terutama ke sungai yang muaranya pasti ke laut,” kata Fuad Alatas saat di temui awak media journaltelegraf.com, di lokasi clean Up pulau lutungan Kelurahan Baru, Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli. Sabtu (12/06/2021).




Apalagi ditengah kondisi laut yang semakin rentan karena ulah manusia itu sendiri. rentan karena limbah pabrik, sampah domestik, eksploitasi laut memakai bahan peledak.


Belum lagi penangkapan ikan ilegal dimana-mana, pengeboran minyak yang banyak mengabaikan aspek lingkungan.


BACA JUGA : Peringati Hari Laut Sedunia Ke-13 Tahun 2021, Danlanal Tolitoli : Laut Masa Depan Bangsa


Terutamanya masyarakat pun diimbau untuk tidak mengeksploitasi laut secara berlebihan.


“Mari kita jaga laut kita untuk anak cucu kita dan bersama lindungi laut kita dari kegiatan ilegal fishing dan destructive fishing agar sumberdaya laut kita tetap terjaga,menjadi sumber kehidupan dan sustainable. LAUTKU MASA DEPANKU, NUSANTARA LESTARI JAYA,” tutupnya.



Editor/Reporter: Legitha Aswardy


Tidak ada komentar:

Posting Komentar