Ads

Senin, 28 Juni 2021, Juni 28, 2021 WIB
Last Updated 2021-06-28T07:43:17Z
kabupaten tolitoliSulawesi Tengah

Bupati Tolitoli : Kebijakan Pemda Harus Lebih Responsif Bagi Pelaku UMKM


JOURNALTELEGRAF - Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kabupaten Tolitoli, menggagas Gerakan Cinta Produk Usaha Mikro (GENTA PRO UMI) sebagai langkah terobosan dengan melibatkan stakeholder dalam pemberdayaan Usaha Mikro di Kabupaten Tolitoli. 


Genta Pro Umi, telah resmi louncing oleh Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya dalam suatu acara yang digelar di Galaxy Coffe Kelurahan Panasakan, Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli. pada senin pagi (28/6/2021).


Dalam sambutannya, Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya mengatakan, usaha mikro mempunyai peran yang strategis dalam peningkatan di bidang ekonomi di antaranya membuka lapangan pekerjaan di mana peluang pekerjaan baru pasti akan terbuka bagi masyarakat di sekitarnya,


“ Ini adalah upaya mendorong kondisi ekonomi yang lebih merata, di mana usaha yang maju menjadi penyebab kondisi ekonomi di kota kecil maupun pedesaan juga akan terdorong tumbuh dan berkembang, meningkatkan devisa negara dimana dengan meningkatnya kehadiran usaha mikro dan mengelolanya dengan baik, secara tidak langsung negara juga turut menumbuhkan usaha mikro yang terpadu mampu memproduksi barang yang berkualitas hingga menarik perhatian konsumen luar negeri,” kata Amran Hi Yahya.



Foto : Bupati Tolitoli Amran Hi Yahya (Ist)



Terlebih lagi saat ini, menurut Bupati, aktivitas jual beli dapat dilakukan melalui internet atau secara online. 



Bupati Tolitoli menjelaskan, kebijakan Pemerintah Daerah kedepan harus lebih responsif sesuai visi dan misi khususnya bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah .



“ Kami mengupayakan lebih responsif sesuai visi dan misi Kabupaten Tolitoli yang salah satunya menciptakan kemandirian ekonomi desa penguatan usaha mikro kecil dan menengah sebagai pilar pembangunan daerah. Olehnya itu, Pemerintah Daerah akan memainkan peranannya dalam memberdayakan usaha mikro kecil dan menengah,” jelasnya.



Bupati mengungkapkan, gerakan cinta produk usaha mikro ini merupakan suatu langkah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mencintai produk kita sendiri. 


“ Gerakan ini mengimbau kepada masyarakat untuk dapat lebih menunjukkan aksi keberpihakan terhadap produk daerah kita sendiri, sedang bagi pelaku usaha hal ini harus dapat dimanfaatkan dengan lebih meningkatkan komitmen untuk terus berinovasi dalam menjalankan usahanya,” ungkapnya.



Kepala Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Tolitoli Srie Lesminingsih, SE.,M.Si menerangkan, Kegiatan peluncuran (launching) Genta Pro Umi ini sekaligus dirangkaikan dengan pameran produk UMKM. 



“ Pameran ini merupakan wahana untuk mempromosikan produk-produk UMKM yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM di Kabupaten Tolitoli,” terangnya



Kegiatan itu, turut dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tolitoli Ny Sriyanti Amran Dg Parebba, Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Moh Asrul Bantilan, S.Sos, sejumlah pejabat Pemerintah Daerah, Pimpinan Intansi Vertikal, serta Pimpinan BUMN dan BUMD se Kabupaten Tolitoli. 




Acara diakhiri dengan kunjungan ke stand Pameran UMKM yang menampilkan bermacam produk baik, itu kerajinan tangan dan aneka macam makanan olahan hasil produksi pelaku UMKM di Kabupaten Tolitoli.


Editor : Legitha Aswardy

Sumber : Tim Liputan Bagian Prokopim Setdakab Tolitoli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar