Ads

Minggu, 18 April 2021, April 18, 2021 WIB
Last Updated 2021-04-18T10:50:32Z
kapolres tolitoliPolres Kabupaten TolitoliSulawesi Tengah

Penertiban Lalulintas Dibenarkan Untuk Penegak Hukum Saat Bulan Ramadhan

Foto : Sat Lantas Polres Tolitoli melaksanakan blue light patrol Di Pusat Kota Tolitoli.


JOURNALTELEGRAF - Kabaharkam Polri Komjen Arief Sulistyanto meminta agar tidak ada lagi aksi penertiban alias sweeping, baik dilakukan oleh ormas atau pun kelompok masyarakat lainnya di bulan puasa Ramadan 2021.


"Diimbau kepada seluruh warga, masyarakat, untuk saling menghormati dalam konteks toleransi kehidupan beragama dengan mematuhi norma sosial, agama, dan aturan undang-undang," tutur Arief pada, Jumat (16/04/2021) (Sumber: Liputan6.com)


Arief mengingatkan, penertiban terhadap kegiatan masyarakat selama puasa Ramadan hanya dapat dilakukan oleh aparat penegak hukum, yang memang secara jelas diberi kewenangan oleh Undang-Undang.


"Apabila ada pihak yang melakukan tindakan tidak berdasar ketentuan undang-undang, maka tindakan itu ilegal dan merupakan perbuatan melawan hukum yang bisa dilakukan tindakan hukum," jelas dia.


Sementara itu, Guna menganstisipasi balapan liar saat ibadah puasa bulan Suci Ramadhan 1442 H di Kabupaten Tolitoli, Sat Lantas Polres Tolitoli melaksanakan blue light patrol dan meningkatkan patroli Subuh hari di jalan-jalan utama di dalam kota Tolitoli.


Kali ini, Minggu (18/4/2021) sekitar pukul 05.30 WITA, Sat Lantas Polres Tolitoli melaksanakan blue light patrol di jalur dua Jalan Usman Binol Kelurahan Baru Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli.


Kapolres Tolitoli melalui Kasat Lantas AKP Muriyanto SH menjelaskan, blue light patrol merupakan kegiatan Sat Lantas Polres Tolitoli dalam upaya pencegahan balapan liar yang rutin dilaksanakan setiap hari.


"Ini dalam rangka mencegah aksi balapan liar yang bisa mengakibatkan kecelakaan lalu lintas. Hal ini juga sebagai pelaksanaan Operasi Keselamatan Tinombala 2021 yang saat ini dilaksanakan di wilayah hukum Polres Tolitoli," terang Muriyanto.


Selain itu, di jelaskan Kasat Lantas, kegiatan blue light patrol ini juga bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga masyarakat Kota Tolitoli saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.




Editor/Reporter : Legitha Aswardy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar