Ads

Kamis, 08 April 2021, April 08, 2021 WIB
Last Updated 2021-04-08T14:43:00Z
BITUNG

Maurits-Hengky Seriusi Tingkatkan Sektor Pertanian

Pertemuan Walikota dan Wakil Walikota Bitung, bersama tenaga penyuluh di aula kantor Kecamatan Ranowulu. (Foto: Istimewa)



JOURNALTELEGRAF – Mendongkrak perekonomian di tengah pandemi covid-19 Walikota dan Wakil Walikota Bitung, lakukan terobosan baru.

 

Hal tersebut dilakukan Maurits Mantiri dan Hengky Honandar melalui sektor pertanian. Yang dinyatakan dengan mengelar pertemuan terbuka dengan sejumlah penyuluh pertanian di aula Kantor Kecamatan Ranowulu. Kamis (08/04/2021).

 

Kepala Dinas Pertanian Kota Bitung, Sony Wenas menyampaikan kouta jumlah tenaga penyuluh dan pegawai yang berada di Dinas yang dipimpinnya.

 

“Ada sebanyak 50 orang pegawai dan sebanyak 26 orang tenaga penyuluh serta sebanyak 5 orang pegawai pemerintah perjanjian aparatur negara,” ungkap Wenas saat dirinya membacakan laporan.

 

Menurutnya dalam menjalankan program kurang memadai dimana Kota Bitung memiliki luasan wilayah pertanian kurang lebih 16 ribuan hektar.

 

“Sementara jika dibandingkan dengan kouta tenaga penyuluh hanya 26 orang menjadi kendala dikarenakan tidak adanya fasilitas operasional dalam mengefisien pekerjaannya,” ujarnya.

 

Hal lain yang disampaikan Kadis Pertanian selain dari fasilitas operasional berupa kendaraan roda dua dan peralatan kantor. Seperti halnya permohonan bantuan bibit pertanian dan pangan.

 

Menanggapi hal tersebut Walikota dan Wakil Walikota Bitung, dengan lantang menjawab terkait dengan usulan dan kendala-kendala yang terjadi selama ini.

 

“Untuk persiapan fasilitas operasional disilakan untuk berkoordinasi dengan bagian keuangan untuk melakukan pengadaan dan untuk TPP tenaga penyuluhnya akan di naikan, namun kami akan melakukan evaluasi terlebih dahulu sesuai dengan kinerja,” ungkap Maurits.

 

Sementara itu, Wakil Walikota Bitung  menyarankan untuk dapat menginveritarasir saran milik pemerintah Kota Bitung untuk dimanfaatkan seperti halnya pusat pelatihan pertanian.

 

“Saya dan Pak Maurits menyeriusi hal ini, kalau perlu akan menggeserkan biaya makan-minum untuk dimanfaatkan ke program-program yang lebih bermanfaat guna menyejahterakan masyarakat,” tandas Hengky.  

 

Dirinya pun meminta kejelasan terkait dengan luasan lahan pertanian milik pemerintah dan mendata kembali lahan-lahan produktif untuk di manfaatkan.

 

“Persiapkanlah lahan dan memastikan keabsahan akan lahan tersebut dan kami akan memastikan akan menghadirkan investor untuk membantu pertanian di Kota Bitung,” pungkasnya.

 

Reporter/Editor: Alfonds Wodi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar