Ads

Senin, 12 April 2021, April 12, 2021 WIB
Last Updated 2021-04-11T22:46:32Z
BITUNG

Kolaborasi Pemkot Bitung Bersama BORDA Minimalisir Pencemaran Lingkungan

Bantuan hibah berupa peralatan sanitasi oleh Bremen Overseas Research and Development Association (Borda) bersama Pemkot Bitung. (Foto: Istimewa)   

 


JOURNALTELEGRAF – Bremen Overseas Research and Development Association (Borda) menyalurkan bantuan hibah ke sejumlah warga di Kelurahan Manembo-Nembo, Kecamatan Matuari - Kota Bitung. Minggu (11/04/2021).

 

Diketahui sebanyak 55 rumah warga yang tinggal dibelantara sungai dilokasi ‘Kuala Tulap' di salurkan oleh Borda yang merupakan Organisasi Nirlaba berasal dari Negara Jerman yang membidangi khusus Sanitasi dan Persampahan.

 

Salah satu warga penerima bantuan, menyampaikan ungkap terima kasih kepada Organisasi Nirlaba BORDA yang berasal dari Negara Jerman serta upaya dari Pak Walikota, Maurits Mantiri dan Wakil Walikota Bitung, Hengky Honandar serta Dinas terkait.

 

“Dengan adanya bantuan hibah saat ini, dapat meminimalisir pencemaran yang sudah dialami sejak kami bermukim didaerah ini,” ungkap Doni Loris. 

 

Dirinya menambahkan, air limbah sudah tidak masuk ke halaman rumah dikarenakan sudah ada sumur resapan.

 

“Saya dan 54 rumah warga yang lainnya, sudah tidak kuatir lagi dengan air limbah yang sebelumnya sering masuk ke halaman rumah kami,” ujarnya kembali.

 

Terpisah Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, Hendrik Sakul saat dihubungi oleh awak media melalui pesan singkat whatsapp.

 

“Bantuan hibah tersebut berasal dari Borda dan disalurkan ke 55 rumah warga penerima bantuan instalasi air limbah, yang berada diwilayah Kelurahan Manembo-Nembo, khususnya di Lingkungan V, III dan II yang merupakan wilayah yang sering terdampak,” tulis Sakul.

 

Organisasi Nirlaba Borda selain konsen terhadap Sanitasi, mereka pula konsen dengan persoalan sampah termasuk pengolahan sampah daur ulang (recycle).

 

Sementara itu, Walikota dan Wakil Walikota Bitung, Maurits Mantiri-Hengky Honandar terus melakukan komitmen bersama dengan pihak Borda untuk dapat berkerjasama untuk meminimalisir persoalan lingkungan di Kota Bitung.

 

“Langkah komitmen kami untuk meningkatkan kualitas lingkungan dan kesehatan masyarakat melalui pengelola ada sanitasi secara terpadu,” ungkap Maurits.

 

Walikota Bitung ini melanjutkan pengelolaan sanitasi terpadu yang di khususkan pada air limbah domestik dan persampahan.

 

“Ini perlu ditindak Mantiri, di mana tujuannya untuk mengurangi permasalahan sanitasi dan kesehatan masyarakat. Serta meminimalisir kawasan kumuh dan mewujudkan sanitasi yang berbasis masyarakat,” pungkasnya.

 

Reporter: ***

Editor: Redaksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar